11 Teknik Membuat Stand Pameran Menjadi Ramai Pengunjung

Berbicara perihal pameran pasti terbayang ruangan yang besar dan ramai pengunjung, serta terdapat banyak perusahaan yang bakal mengikutinya. Pameran (Exhibition) jadi tidak benar satu alternatif tambahan untuk memperkenalkan, serta memasarkan product dan usaha ke konsumen. Lihat juga Perusahaan Kontraktor topseo

 

 

 

Mengikuti sebuah pameran tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu amat dibutuhkan strategi yang masak didalam menyebabkan stand pameran lebih menarik agar banyak pengunjung yang rela datang untuk sekedar bertanya-tanya atau malah jadi customer usaha Anda.

Berikut ini tips penting untuk menyebabkan booth atau stand pameran jadi ramai pengunjung.

 

1. Lokasi Pameran

Mengetahui lokasi pameran amat penting, sebab bersama paham lokasi pameran Anda termasuk pasti bakal paham sektor area, gedung yang digunakan, sarana serta pengunjung yang datang nantinya. Anda pun jadi paham persiapan apa saja yang dibutuhkan sebelum akan mengikuti pameran nantinya. Apalagi jikalau pameran berikut dilakukan diluar gedung atau outdoor, Anda pun perlu mengatur suasana booth pameran Anda tersebut. Umumnya untuk outdoor adalah pameran makanan dan minuman, seni budaya, peralatan outdoor dan lainnya.

2. Lokasi Booth

Memang lokasi menentukan prestasi dan hal itu termasuk berlangsung di tiap tiap pameran. Umumnya tempat yang terbaik adalah tempat pintu masuk dan keluar, tempat sedang serta tempat di dekat panggung. Namun harga sewanya pun lebih mahal daripada tempat lainnya. Anda bisa melacak tempat alternatif lain yang sesuai bersama budget untuk pameran.

3. Profil Penyelenggara Pameran

Dengan mencermati profil dari penyelenggara pameran bakal menyebabkan Anda paham track record penyelenggara pameran yang bakal Anda ikuti. Sebaiknya mengikuti acara pameran yang diselenggarakan oleh penyelenggara pameran yang sebenarnya profesional dibidangnya. Cara mudahnya yaitu bersama melacak Info pameran yang pernah pernah berlangsung apakah sukses berlangsung bersama lancar atau tidak.

4. Tema Pameran

Perhatikan termasuk tema dari pameran yang bakal berlangsung, apakah sesuai bersama usaha Anda atau tidak. Acara pameran yang punya tema tersendiri biasanya seperti Pameran Otomotif IIMS / GIIAS, International Wedding Festival, Pameran Wisata, Pameran Seni, Pameran IT, Pameran Buku, Pameran Game, INACRAFT, Pameran Material dan Teknologi, Pameran Modifikasi, Pameran Pendidikan, TOYS & COMICS FAIR, Pameran Islamic Tourism Expo, dll. Sedangkan Pameran yang punya tema umum adalah seperti Pekan Raya Indonesia, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dll.

5. Tema Booth

Berbicara perihal usaha tentunya tiap tiap usaha punya tema tersendiri. Dengan menggerakkan tema pada booth pameran nantinya bakal menyebabkan pengunjung jadi lebih tertarik berkunjung ke booth Anda, sebab booth pameran Anda punya suasana yang sesuai bersama product / brand yang ditawarkan.

Contohnya apabila product usaha Anda adalah peralatan pendaki gunung, maka tema booth tentunya bakal menampilkan suasana alam atau petualangan. Tema booth bisa termasuk dilakukan untuk beragam product usaha lainnya seperti otomotif, gadget, Air Conditioner, Console Games, Spare Part, alat tempat tinggal tangga, mesin, alat berat dan lain sebagainya.

 

6. Mengenali Pengunjung

Dengan paham lokasi serta tema pameran, maka secara tidak langsung Anda termasuk bakal paham siapa saja yang bakal jadi calon pengunjung pada acara pameran tersebut. Sebaiknya menentukan acara pameran bersama pengunjung yang sesuai bersama target usaha Anda. Jangan hingga malah Anda meraih kegagalan sebab tidak benar target. Seperti product usaha Anda yang lebih sesuai untuk customer menengah keatas, ternyata yang datang ke pameran adalah sektor menengah kebawah. Hal ini pasti bakal menyebabkan booth pameran Anda bakal jadi sepi pengunjung.

 

7. Desain Booth / Stand Pameran

Desain Booth atau Stand Pameran jadi aspek yang amat penting sebab bakal menentukan ramai tidaknya para pengunjung yang bakal datang ke booth kita. Anda bisa gunakan beragam elemen penting didalam men-desain booth yaitu seperti mengatur penataan cahaya, menentukan warna dan material, gunakan tema, menata display produk, laksanakan menambahkan display visual, tingkatkan SPG dan menampilkan promo yang dijalankan. Yuk lihat juga Jasa Kontraktor Booth Pameran

 

Berikut adalah elemen – elemen penting yang perlu kamu mencermati untuk menyebabkan pameran Anda lebih atraktif :

 

1. Penataan Cahaya

Penataan sinar yang baik dan benar pada booth bisa tingkatkan ketertarikan pengunjung untuk lewat dan berkunjung ke booth pameran Anda. Dengan gunakan penerangan yang baik menyebabkan tempat pameran Anda jadi lebih menonjol dibanding booth lainnya. Dengan pencahayaan menyebabkan semua produk, banner, serta tempat booth nampak paham walau pengunjung berada pada jarak yang jauh.

Pencahaayaan punya dua fungsi, yaitu sebagai sumber sinar dan sebagai elemen estetika. Pencahayaan yang pas didalam sebuah booth pameran bakal bisa mengkomunikasikan pesan yang mendambakan Anda sampaikan kepada pengunjung. Pastikan bahwa sistematika gambar dan postingan di booth Anda paham serta dapat dukungan bersama pencahayaan yang terang agar tingkatkan penampilan yang berkualitas.

 

2. General Lighting

General lighting atau yang biasa disebut pencahayaan utama merupakan pencahayaan yang punya manfaat sebagai sumber penerangan utama. Lokasi pencahayaan utama ini bisa di letakkan di bagian sedang stand atau jikalau stand luas, bisa di letakkan di {beberapa|sebagian|lebih dari satu} titik secara simetris dan merata. Tujuan dari pemanfaatan general lighting adalah untuk membuahkan sinar yang terang dan merata. Jenis lampu yang digunakan biasanya adalah lampu TL atau Downlight. Selain itu general lighting termasuk bisa gunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) yang tidak memperlihatkan lampu secara langsung, tapi hanya gunakan bias cahayanya saja. Umumnya indirect lighting gunakan lampu berwarna kuning agar bias cahayanya tidak menyilaukan mata dan mengundang kesan akrab dan menenangkan

 

3. Task Lighting

Task lighting merupakan pencahayaan yang difokuskan pada tempat tertentu. Selain digunakan untuk penegas fungsi, task lighting termasuk digunakan sebagai penegas titik tertentu. Task lighting bisa di letakkan di rak pameran atau tempat yang tidak sama bersama tempat utama.

 

4. Accent Lighting

Pemasangan aksen pencahayaan biasanya berguna untuk menyorot benda seni atau benda yang mendambakan dijadikan fokus agar lebih terlihat. Penggunaan sinar spotlight amat umum digunakan sebagai accent lighting. Selain itu type wall lamp termasuk bisa digunakan untuk membuahkan aksen sinar pada stand. Jenis pencahayaan ini bisa digunakan untuk menyorot logo perusahaan atau product yang dipajang pada booth.

 

5. Warna dan Material yang Menarik

Warna merupakan elemen penting yang menentukan karakter dan identitas dari usaha Anda, Warna termasuk bakal menentukan penampilan visual stand Anda jadi nampak menarik atau tidak. Lebih penting lagi warna punya kebolehan untuk menentukan suasana, sebab tiap tiap warna punya pengaruh psikologi yang berbeda.

 

6. Elemen Unik Penarik Perhatian

Point of interest atau elemen unik yang biasa disebut focal point, tidak hanya terdapat pada desain arsitektur, interior maupun fotografi, focal point termasuk dibutuhkan pada perancangan desain booth pameran. Elemen unik pada stand yang baik adalah elemen yang punya titik fokus kuat untuk menggiring mata pengunjung secara alami untuk mencermati booth pameran secara keseluruhan. Hal yang perlu diingat didalam menentukan focal point adalah target Anda untuk memberikan info product penjualan.

 

7. Kata atau Kalimat yang Memikat

Dalam menentukan grafis postingan yang memikat pada stand pameran membutuhkan kecerdasan pemilihan kata dan penggunan desain tulisan, baik type font maupun ukuran. Sebelum menentukan grafis tulisan, ada baiknya Anda melacak referensi kata dari {beberapa|sebagian|lebih dari satu} iklan minimal 10 type iklan berbeda. Kalimat yang direkomendasikan untuk dipasang pada stand adalah kata-kata yang terdiri dari maksimum 10 kata, jikalau bisa kurang dari itu. Karena jikalau lebih dari sepuluh kata, bisa mengundang pengaruh tidak paham terbaca dan peluang 3 detik pertama menarik perhatian pengunjung bakal hilang bersama sia-sia.

 

8. Penggunaan Teknologi

Dengan kemajuan teknologi yang jadi pesat ini, desain pameran bisa dikolaborasikan bersama pemanfaatan fitur audio visual canggih. Penggunaan smartphone, LED, layar LCD, gambar virtual hingga reality display amat terlalu mungkin digunakan. Apalagi jikalau product yang Anda menjual berbasis teknologi, dapat dukungan bersama infografis yang tepat, hal ini bakal bisa bersama enteng dilakukan dan tingkatkan value perusahaan Anda.

 

9. Display Produk

Untuk display product sebaiknya tidak amat banyak dan hanya menonjolkan product utama / terbaru. Usahakan agar penempatan product bisa nampak paham oleh para pengunjung. Apabila product yang ditawarkan adalah Gadget, maka sebaiknya beri tambahan tempat display product yang bisa memudahkan pengunjung untuk mencoba product tersebut. Gunakanlah etalase kaca bersama pencahayaan LED untuk menyebabkan product jadi enteng terlihat.

Dengan begitu pengunjung bisa langsung paham product yang ditawarkan bersama mengoperasikannya langsung. Saat pengunjung mencoba produk, maka sebaiknya para SPG menjadi menopang menjelaskan dan menjawab tiap tiap pertanyaan pengunjung. Hal ini bisa tingkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli product yang ditawarkan.

 

10. Penataan Display Visual

Penataan display visual pada booth pameran bisa gunakan display X Banner / Y Banner / Roll Up Banner, Mini X Banner, Magnetic Backdrop, Brosur, Kartu Nama dan Info Produk di Acrylic. Penggunaan display cetak seperti ini sebaiknya termasuk diselaraskan bersama tema booth nantinya.

Penggunaan warna, Info promo, pengenalan product teranyar dan Info penting lainnya bisa dibuat kedalam display yang sudah disebutkan diatas. Hal ini bisa menyebabkan pengunjung dari jauh pun bisa lihat brand, produk, promo yang sedang ditawarkan di booth usaha Anda.

 

11. Menggunakan SPG

Peggunaan jasa SPG atau Sales Promotion Girls mempunyai tujuan untuk menarik perhatian pengunjung agar datang ke booth dan termasuk untuk melayani semua pengunjung yang datang Para SPG perlu sudah di Training lebih-lebih dahulu perihal brand, product knowledge, pelayanan yang profesional dan hal lainya yang biasanya ditanyakan oleh para pengunjung. Anda termasuk bisa menggerakkan proses bonus bagi para SPG jikalau mereka sukses menjual produk. Dengan langkah ini bisa menyebabkan para SPG jadi lebih termotivasi didalam menopang memasarkan product usaha Anda.

 

12. Promo Produk

Lakukan persiapan perihal promo apa saja yang bakal dilakukan nantinya sementara pemeran berlangsung. seperti promo diskon, buy 1 get 1, cashback, voucher belanja, tester, hadiah, kupon undian dan lain – lain yang bisa menyebabkan pengunjung jadi tertarik untuk laksanakan pembelian product usaha Anda, sebab dirasa lebih untungkan dan jadi lebih tidak mahal pastinya.

Itulah beberapa tips penting untuk menyebabkan booth atau stand pameran jadi ramai pengunjung.