5 Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan

5 Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan

“Tidak peduli kucing putih atau kucing hitam yang penting dapat menangkap tikus”.

Demikian juga dengan aliran marketing “Saya tidak peduli short selling atau hard selling yang sangat penting penjualan bertambah dan berkelanjutan.”

Sebuah Intisari latihan marketing yang dapat kita pelajari dari orang-orang yang menginspirasi, khususnya untuk para pengusaha dengan tujuan ‘marketing’ (Menukarkan nilai tambah yang ada sebanyak mungkin pembeli, sesering mungkin sehingga pembeli untung dan penjual untung, maka dengan demikian untuk “Menukarkan” saya dan anda perlu “Menawarkan”). Yang sangat terpenting dalam sebuah bisnis itu bukan kantor, bukan teknologi, bukan produk ataupun jasa melainkan adalah ‘Penawaran’. Di dalam dunia marketing, Anda akan mengenal dua aliran yakni aliran mengingatkan dan aliran menawarkan. Aliran mengingatkan atau bisa disebut dengan branding membutuhkan biaya iklan sangat besar dan sering kali tidak menghasilkan penjualan, aliran ini adalah open marketing. Sedangkan aliran menawarkan akan mengajarkan kita bagaimana biaya pemasaran dapat dibandingkan dengan hasil penjualan, aliran ini adalah close marketing.

“Jangan terlalu sibuk pada teori marketing, konsentrasi pada selling, laku tidak ? jika laku itulah hasil marketing!”

Dalam menjalankan suatu usaha bisnis, tentunya ada beberapa poin terpenting yang harus diterapkan di samping dari kualitas dan pelayanan produk itu sendiri, yakni ‘Pemasaran’. Teknik dan keterampilan dalam sebuah pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan sebuah produk setelah kamu meyakinkan produk kamu mempunyai kualitas yang baik, ciptakanlah kiat pemasaran yang baik dengan didukung oleh strategi pemasaran yang efektif.

Di samping itu, segmentasi pasar Marketing Sedayu Indo Group juga adalah salah satu elemen sangat penting dalam sebuah strategi pemasaran yang akan kamu lakukan (bahkan terlalu penting) . Baiklah, akan saya coba terangkan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna apa itu segmentasi pasar. “Segmentasi pasar adalah sebuah cara bagaimana memandang pasar secara kreatif”. Kita masih bingung dengan definisi segmentasi pasar diatas? Begini, di antara efek apabila kamu tidak memahami siapa segmentasi pasar yang tepat untuk produk anda adalah apa yang akan kamu lakukan dan berapa ongkos pemasaran yang telah dikeluarkan akan menjadi percuma saja, walaupun produk kamu menarik dan bernilai.

Contoh sangat mudah tentang segmentasi pasar adalah anda jual mobil BMW (product) dengan harga 750 juta (price) kemudian kamu jual ke peminta-minta (targeting & segmentation). Walaupun BMW itu sudah kamu diskon gila-gilaan hingga 75% (promotion), si peminta-minta tidak akan membeli. Kenapa? Karena itu bukan kebutuhan dia. Lain kalau kamu jual ke segmentasi pasar penyuka mobil mewah, akan lain hasilnya.

Seperti yang telah dikemukakan diatas, bahwa langkah-langkah Marketing Gallery PIK 2 dalam pekerjaan pemasaran adalah meneliti keperluan dan kemauan konsumen mengenai ‘Berapa Jumlahnya? ‘Bagaimana daya belinya? ‘Dimana lokasi konsumennya? dan ‘Berapa permintaannya?’. Semua ini adalah informasi yang sangat penting untuk pemasaran produk baru tergantung pada kondisi lingkungan kompetisi pasar yang ada dari hari kehari.

5 Strategi Pemasaran

Berikut adalah 5 strategi pemasaran untuk menambah penjualan:

1. Kenalilah Pelanggan Anda
‘Pelanggan adalah Raja’ Istilah itu memang benar, sang Raja sangat senang apabila dilayani dengan baik. Dia bahagia jika para pelayannya tahu apa yang dia inginkan. Terlebih lagi, jika sang Raja belum mengutarakan keinginannya, semua pelayan telah menyediakannya. Pertanyaannya adalah, bagaimana kita dapat memberikan pelayanan yang baik? Kenalilah Pelanggan Anda. Lihatlah semua pelayan Raja dengan seksama dalam melihat tingkah laku sang Raja. Mereka tahu ciri-ciri Raja jika mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia dapat melayani sesuai data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab. Begitulah seharusnya seorang pengusaha, mereka harus bisa membaca profil semua pelanggan mereka. Kemudian memberikan pelayanan yang sesuai dengan profil mereka masing-masing. Percayalah, pelanggan Anda akan jauh lebih loyal pada Anda.

2. Pilih Lokasi Yang Strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda simaklah outlet atau toko roti Holland Bakery sering kali berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu adalah strategi mereka dalam mengincar pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih tempat yang tepat, strategis, supaya kesempatan bisnis Anda untuk bisa diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

3. Menggunakan Internet Marketing
Salah satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan adalah internet marketing. Dengan memperlihatkan produk usaha kamu pada website jejaring sosial, maka kamu dapat memahami bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Semakin hari kegiatan jual beli melalui online shop semakin marak dilakukan. Para konsumen ingin melakukan pembelian barang dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka pintu yang lebar bagi kamu untuk berinovasi. Kita dapat memperlihatkan produk usaha kamu pada website, blog, facebook, dan website lainnya, dengan memasang foto-foto yang seandainya dapat menarik konsumen. Dengan memakai internet marketing, kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa diberi batas ruang dan waktu dengan kenyamanan-kenyamanan tersendiri untuk pelanggan.

4. Lakukanlah Promosi
Dalam rangka pengenalan produk dapat juga dilakukan secara aktif dan kontinyu suatu perusahaan turut berpartisipasi dalam Event-Event Pameran dan Eksebisi diseluruh Wilayah Indonesia dengan tujuan pekerjaan ini terbukti bisa meningkatkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan perusahaan itu sendiri. Lakukanlah promosi secara teratur walaupun sekecil – kecil promosi sebab dengan promosilah jualan akan  terjadi dengan cara-cara kreatif sehingga semua pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet mengandung produk bisnis kita untuk diberikan kepada rekan-rekan, atau Anda bisa menyebarkan brosur itu di tempat umum. Dengan begitu banyak usaha tersebut, dengan sendirinya kita akan mengejar pelanggan yang memerlukan produk yang kita tawarkan. Jangan lupakan pula kedahsyatan word-of-mouth publicity, kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib sebab dapat menyebar dan menjaring pelanggan sampai berlipat-lipat. Oleh sebab itu, siapkan diri kita untuk menciptakan pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru. Dengan promosi pulalah pelanggan akan tahu kewujudan kamu walaupun kamu baru atau tempat kedai kamu agak tersorok.

5. Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan
Di era teknologi saat ini, dimana pelanggan bukan lagi hanya berhubungan dengan perusahaan tetapi juga dengan sesama pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa dapat dengan mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan disaksikan oleh pelanggan dan calon pelanggan lainnya, hal ini tentunya sangat merugikan perusahaan. Image baik yang telah melekat sekitar bertahun-tahun di suatu perusahaan mungkin saja bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk sebab dirusak oleh hal-hal yang mungkin dirasakan sepele perusahaan. Oleh sebab itu, biasanya sejumlah perusahaan besar menjadikan hal ini sebagai prioritas utama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta peradaban yang sudah dicapai, hubungi mereka secara rutin dengarkan dan perhatikan keperluan pelanggan, dan informasikan pelanggan tentang promo produk yang sedang berlangsung serta berikan support yang terbaik. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen adalah kunci terakhir yang harus kamu pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Kini, dengan ketatnya kompetisi pasar saat ini, Anda harus bisa memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga gagasan yang inovatif.

RSS
Follow by Email