belajar menghafal doa harian

Belajar Menghafal Doa Harian

belajar menghafal doa harian

Doa bagi seorang muslim adalah senjata, yang bisa kita gunakan untuk menangkal dan menyerang musuh, tapi senjata disini bukan untuk menyerang manusia, tapi untuk menangkal dan menyerang syetan.

Banyak dari kaum muslimin yang tidak hafal akan doa doa harian, seperti doa masuk kamar mandi, doa pakai baju, doa masuk masjid, doa hujan, doa sebelum belajar, doa tidur, doa jima dan masih banyak doa doa lainnya.

Padahal kalaulah mereka mau untuk meluangkan waktu menghafal doa doa tersebut maka keberkahan dan penjagaan Allah akan kita dapatkan, siapalah lagi yang bisa menjamin keselamatan dan keberkahan selain Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Metode Menghafal Doa Harian

Maka penting bagi setiap muslim untuk belajar bagaimana menghafal doa harian tersebut, adakah metode untuk menghafal doa harian ini agar tidak mudah lupa?, tentu saja ada, dan berikut kami tuliskan trik ampuh dalam menghafal doa harian.

Pertama:
Belajar menghafal doa secara konsisten, tetapkan target, misalkan saya ingin menghafal doa belajar dan harus sudah hafal dalam 3 hari, lalu tetapkan juga kapan atau waktu apa saja saya harus menghaf, misal kita tetapkan setiap sehabis sholat fardhu saya akan menghafal doa belajar.

Setelah semua kita buat planingnya hal yang harus kita lakukan adalah melaksanakan apa yang kita rencanakan tersebut secara konsisten. Dan setelah hafal doa belajar maka di lanjutkam dengan menghafal doa setelah belajar dan begitu seterusnya sampai doa harian kita fafalkan semuanya.

Kedua:
Langsung praktek, yaitu ketika kita akan melakukan aktifitas maka kita baca doa tersebut dengan membacanya secara langsung, untuk doanya bisa kita catat pada selembar kertas atau bisa kita tulis di Handphone kita, cara ini efektif jika di lakukan dengan konsisten.

Ketiga :
Baca berulang ulang doa yang akan kita hafal, misal kita akan menghafal doa hujan, maka kita baca doa hujan sebanyak 40 kali tanpa menghafalnya, hanya membcanya saja sebanyak 40 kali, maka setelah membaca sebanyak 40 kali biasanya hafalan akan menempel di ingatan kita. Cara ini sama seperti menghafal Al Qur’an yaitu dengan membcanya berulang kali.

Itulah ketiga cara untuk menghafal doa harian, dan jika kita sudah terbiasa bisa kita lanjutkan metode tersebut untuk menghafal Al Qur’an.

Jangan Lalai Dalam Berdoa

Setelah kita hafal berbagai macam doa harian maka jangan sampai lalai dari prakteknya, ingat selalu jika kita akan melakukan kegiatan apapun baca doanya, jika sudah berjalan seperti ini maka kehidupan kita akan di jaga oleh ALLAH Subhana Hu Wataala, dan pekerjaan yang kita lakukan akan mendapatkan keberkahan.

Penting juga untuk paham arti dari doa yang kita ucapkan, agar dlam prakteknya kita menghadirkan hati dan benar benar berharap kepada ALLAH, jadi bukan hanya ucapan tapi hati kita lalai, hal demikian tidak baik dan tidak akan mendatangkan pertolongan ALLAH.

Itulah cara bagaimana menghafal doa harian yang mudah, ingin membaca artikel islami lainnya silahkan kunjungi https://penaungu.com.