usaha cuci sofa

Bingung Ingin Usaha Apa? Kenapa Tidak Pilih Usaha Cuci Sofa Saja

Berbicara mengenai peluang usaha cuci sofa saat ini bisa dikatakan masih sangat menjanjikan, terlebih lagi jika bisnis ini dilakukan di daerah perkotaan. Kenapa di sini dikatakan sangat menjanjikan, sebab bisnis cuci sofa pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis laundry pakaian.

Coba Anda perhatikan, hampri setiap rumah memiliki kursi sofa. Dan bahkan bukan hanya rumah saja, tapi tempat lain seperti hotel, kantor, apartemen, pabrik, toko, atau hampir semua tempat yang dihuni oleh manusia terdapat kursi sofa di dalamnya.

Kursi sofa jika masih baru memang tampak bersih dan indah, namun  jika sudah dimakan usia, tentu sudah tidak bersih lagi. Dan kecenderungan kursi sofa berubah menjadi kusam sangatlah besar. Jika kondisinya sudah seperti ini, solusi paling mudah dan termurah adalah mencucinya.

Jika Anda memiliki peralatan cuci sofa dan sedikit ketrampilan dibidang tersebut, mungkin Anda tidak perlu memanggil penyedia jasa layanan cuci sofa. Namun jika Anda tidak memiliki semuanya, jalan satu-satunya adalah memanggil jasa cuci sofa untuk menanganinya.

Analisa Modal Usaha Jasa Cuci Sofa

 

Sebelum membuka sebuah usaha, melakukan analisa terkait dengan modal yang dibutuhkan menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan. Begitupun juga ketika Anda ingin membuka bisnis jasa cuci sofa. Pertanyaanya adalah kira-kira berapa modal yang dibutuhkan ketika ingin memulai bisnis ini?

Membeli 1 buah vacuum cleaner (MultyVac sedot bilas) kira-kira Rp 3 juta sampai Rp 5 juta. Tergantung merk dan fiturnya.

Membeli perlengkapan lain seperti sikat, spons, pledge, kanebo, dan lain-lain kira-kira sebesar Rp 1 juta.

Membeli chemical cuci sofa, parfum, anti noda, dan anti septic kira-kira sebesar Rp 1 juta.

Modal untuk promosi/iklan dianggarkan sebesar Rp 2 juta atau tergantung bagaimana cara Anda dalam mempromosikan bisnis usaha cuci sofa milik Anda ini.

Di atas adalah modal awal pada saat Anda ingin buka usaha cuci sofa. Sedangkan untuk modal berjalan yang biasanya harus Anda keluarkan adalah membeli peralatan pendukung cuci sofa, chemical, parfum, pledge, anti noda, anti septic, dan lain sebagainya. Dan jika ditotal modal berjalan yang biasanya harus Anda keluarkan saat memutuskan memilih usaha cuci sofa adalah sekitar 1 sampai dengan 2 juta setiap bulannya.