Cara Cuci Karpet

Cara Cuci Karpet Masjid yang Baik dan Benar

Cara Cuci Karpet Masjid: Karpet masjid selain menjadi alas juga menjadi tempat atau alas sholat. Namun karena masjid ini merupakan tempat umum maka banyak juga orang yang berdatangan dari beberapa tempat yang mungkin akan membawa kotoran atau debu.  Karpet masjid memiliki material yang keras dan tebal. Material yang keras dan tebal ini harus memiliki teknik khusus dalam sistem pembersihannya. Lalu bagaimanakah cara membersihkan  karpet masjid yang tepat ?

baca juga artikel tentang cuci karpet masjid bandung

Membersihkan dengan Vacuum Cleaner

Karpet masjid yang keras, tebal, serta panjang ini tidak memungkinkan jika pembersihannya selalu dicuci. Sehingga secara teratur harus di vakum untuk menyedot debu ataupun kotoran lainnya. Selain itu karpet juga harus sering digulung karena vacum hanya membersihkan bagian permukaannya saja sedangkan debu bisa masuk melalui pori-pori karpet dan menumpuk di bawah karpet.

Mencuci Karpet Masjid

Jikalau karpet masjid sudah sangat kotor biasanya pihak masjid mencucinya. Mencuci karpet masjid ini bisa menjadi rangkaian menyambut bulan suci Ramadhan yang datang setiap tahun sekali.

cara mencuci karpet masjid yang benar adalah :

  1. Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

Cara cuci Karpet yang benar adalah dengan menggunakan air yang bertekanan tinggi mengingat karpet terbuat dari bahan yang keras dan tebal. Dengan air yang bertekanan tinggi dapat menyapu debu-debu dan kotoran yang menempel pada karpet.

  1. Menggunakan Sabun Khusus Karpet

Sabun khusus karpet akan memudahkan proses pencucian agar lebih mudah.

baca juga artikel tentang jasa cuci karpet masjid bandung

  1. Menggunakan sikat yang halus

Walaupun karpet masjid terbuat dari material yang keras namun permukaannya terbuat dari bahan yang halus, sehingga lebih baik menggunakan sikat yang halus agar tidak merusak bulu bagian permukaan karpet.

  1. Dikeringkan dengan cara diangin-anginkan

Keringkan karpet dengan cara diangin-anginkan saja, jangan ditempatkan di bawah sinar matahari langsung karena akan merusak material karpet. Jika ingin segera kering bisa dikeringkan di bawah matahari dengan posisi terbalik agar tidak merusak material, warna, dan agar tidak terlalu kering selalu kontrol tingkat kekeringan karpet agar tidak terlalu kerin dan malah merusak material karpet.