Cara Membuat Es Kopi Susu

Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian yang Ngehits

Cara membuat es kopi susu kekinian ini sebenarnya sama dengan cara membuat kopi janji jiwa. Yang membedakanya hanyalah kopi janji jiwa itu sudah mempunyai outlet. Dan cara membuat es kopi kekinian ini hanyalah abal-abal yang hampir mirip dengan kopi janji jiwa.

Tetapi sama-sama dibuat dengan menggunakan grinder kopi. Cara membuat es kopi susu kekinian ini pastinya sangat mudah sekali iya temen-temen. Kalian pastinya bisa langsung coba ya setelah baca artikel aku ini. Oke langsung saja kita simak bersama ya teman-teman!

Manfaat Susu Dalam Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

dan produk olahannya memiliki kandungan protein, lemak, dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh dalam perkembangan tiap individu pada setiap fase kehidupan.

“Namun, konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah.” Begitu penuturan peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Dr drg Amaliya dalam siaran pers,Rabu (14/11/2018) kemarin.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, konsumsi susu masyarakat Indonesia pada tahun 2017 hanya berkisar 16,5 liter per kapita per tahun.

Angka itu sangat rendah dibandingkan catatan negara ASEAN lainnya. USDA Foreign Agricultural Service mencatat, di tahun 2016 konsumsi susu di Malaysia 50,9 liter, Thailand 33,7 liter, dan Filipina 22,1 liter per kapita per tahun.

Apalagi, susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama pada anak. Berikut ini adalah sejumlah manfaat susu bagi tubuh.

1. Menjaga kesehatan tulang

Susu adalah salah satu sumber kalsium.Teratur meminum susu bisa membuat tulang sehat dan kuat.

Bahkan asupan susu bagi anak-anak bisa memengaruhi tinggi badan mereka.Selain itu, vitamin D yang biasanya ditambahkan bisa membantu tubuh menyerap kalsium.

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis di masa mendatang atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

2. Menguatkan gigi

Kalsium dan fosfor dalam susu sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak.

Protein penting lainnya dalam susu adalah kasein. Kandungan ini membantu membentuk lapisan tipis di permukaan email gigi.

3. Berat badan sehat

Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Achmad Syafiq mengatakan, anggapan susu terutama susu kental manis, menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas dan dibetes, tidak berdasar.

“Tidak ada bukti ilmiah susu kental manis menyebabkan gangguan penyakit,” tutur Syafiq.Faktor-faktor itu antara lain, rendahnya aktivitas fisik,rendahnya asupan serat,dan tingginya asupan energi harian total, bukan dari satu jenis pangan.

Bahkan, sebuah penelitian meta analisis mengungkapkan, diet dengan asupan susu dan produk susu mendukung penurunan berat badan, dan menjaga massa otot.

4. Memelihara kesehatan jantung

Susu sapi merupakan sumber kalium.Peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Susu juga membantu pembentukan otot.Susu memang baik bagi tubuh. Namun yang perlu diingat, seperti halnya pangan olahan lain, susu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber gizi.

“Karenanya, setiap pangan olahan harus didampingi sumber nutrisi lain agar lebih seimbang,” begitu kata Direktur Registrasi Pangan Olahan BPOM Anisyah.

Keunikan dari Susu

 

Wah susu sapi ini udah jadi minuman yang sangat membantu buat kesehatan tubuh kita ya. Kandungan gizi dan nutrisinya kan banyak banget, jadi ya memang baik dalam membantu tubuh kita dengan kecukupan nutrisinya.

Eh, selain emang bermanfaat.. lagi iseng nyari2, nemu artikel yang naro beberapa fakta unik dari susu sapi ini, ini dia kutipannya gan :

  • Ternyata, secara rata-rata sapi mampu memproduksi susu lebih banyak ketika sapi mendengarkan musik
  • Anda tentu tahu bahwa susu merupakan satu-satunya minuman yang paling banyak memiliki kandungan nutrisi alami yang berlimpah
  • Sama seperti manusia, ternyata sapi belum bisa menghasilkan susu sebelum melahirkan
  • Susu segar ternyata bisa membantu menghilangkan rasa pedas dimulut karena kandungan casein yang ada di dalamnya
  • Mesin pemerah susu ditemukan pada tahun 1894. Sebelum itu, peternak hanya mampu memerah 6 sapi dalam 1 jam. Kini, peternak dapat memerah lebih dari 100 sapi dalam 1 jam.
  • Ternyata konsumsi susu itu sudah dari jaman nenek moyang. Tercatat sudah sejak 10.000 tahun yang lalu nenek moyang kita mengonsumsi susu

Itulah teman-teman fakta unik dari susu.semoga dapat bermanfaat iya ūüôā

Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

Es kopi susu kekinian yang belakangan ini digemari.

Bahan-Bahan:

  • 15 gr bubuk kopi (gilingan¬†fine¬†atau¬†medium
  • 100 ml air panas
  • 5-10 sdm gula merah cair
  • 100 ml susu full cream
  • 2 sdm krimer bubuk

Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian:

  1. Campurkan semua bahan diatas
  2. Tambahkan es batu.
  3. Es kopi susu siap dihidangkan

Tertarik membuatnya sendiri? Inilah caranya.

Penemu Kopi

 Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak digemari diseluruh dunia. Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang disangrai kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Saat ini kopi menjadi salah satu komoditas yang diperdagangkan antar negara.

Ada dua varietas atau jenis kopi yang yang terkenal di dunia yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephore) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica).

Namun tahukah anda siapa penemu Kopi? Bagaimana Kopi itu bisa ditemukan? dan Bagaimana Sejarah dari Kopi itu sendiri hingga saat ini?

Jika kita berbicara mengenai sejarah dari biji kopi dan siapa penemu kopi pertama kali maka banyak cerita yang mengatakan bahwa

Kopi pertama kali ditemukan di dataran tinggi wilayah Ethopia ribuan tahun yang lalu.

Orang-orang mengatakan bahwa penemu kopi pertama kali adalah kambing dan pengembalanya yang bernama Kaldi.Ia diperkirakan hidup sekitar tahun 800 SM.

Kaldi menyadari potensi dari kopi setelah melihat kambingnya memakan buah sejenis berry dan hasilnya kambing tersebut menjadi sangat aktif seperti sedang mabuk dan tidak tidur pada malam hari.

Ia kemudian mencoba membuat minuman dicampur dengan buah kopi tersebut hasilnya membuat ia menjadi riang, aktif dan terjaga pada malam hari.

Temuan Kaldi mengenai buah kopi tersebut ia laporkan kepada para pendeta yang ada di desanya.

Namun para pendeta tidak percaya dengan apa yang Kaldi katakan dan membuang buah ‚Äėajaib‚Äô tersebut kedalam api.

Pembahasan ini pun sudah saya tulis di artikel aku yang cara menanam kopi.

Macam-Macam Jenis Kopi Dalam Cara Membuat Es Kopi Susu Kekinian

1. Kopi Arabika

Berasal dari negara Brazil.Kopi arabika merupakan jenis kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan oleh manusia hingga sekarang.

Kopi arabika memiliki ciri-ciri morfologi tanaman sebagai berikut :

  • kopi arabika memiliki perakaran yang lebih dalam,
  • daunnya tipis,
  • percabangan tanaman yang lentur,
  • ukuran biji kecil dengan warna hijau tua hingga merah gelap.
  • Tanaman kopi jenis ini membutuhkan waktu 9 bulan untuk berbunga dan berbuah.

Kopi arabika tumbuh di ketinggian 700-1700 m dpl (diatas permukaan laut) dengan suhu 16-20 derajat celcius.

Kelemahan dari jenis kopi arabika ini adalah salah satu jenis kopi yang rentan terhadap serangan penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun.

Namun, kualitas bijinya jauh lebih baik dari kopi liberika dan robusta. Dan juga, kopi jenis arabika terkenal nikmat dan memiliki aroma yang sedap dan kuat.

Kopi arabika saat ini telah menguasai sebagian besar pasar kopi dunia dan harganya jauh lebih tinggi daripada jenis kopi lainnya.Di Indonesia sendiri kita dapat menemukan jenis kopi arabika ini dari mulai Aceh sampai di Papua.

2. Kopi Robusta

Kopi robusta awalnya ditemukan di negara Kongo. Jenis kopi ini dapat tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl (diatas permukaan laut) dengan suhu 21-24 derajat celcius.

Jenis kopi robusta lebih tahan terhadap serangan penyakit karat daun.Umumnya, jenis kopi ini memerlukan waktu 10-11 bulan untuk proses pembuahan dari bunga hingga menjadi buah.

Kelemahan dari kopi berjenis robusta ini adalah rasanya yang kurang mantap dan cenderung lebih pahit dibandingkan dengan arabika.

Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi berjenis arabika, sehingga di Indonesia kopi berjenis ini dikenal juga dengan ‚Äúkopi murah‚ÄĚ.

3. Kopi Liberika

Berasal dari Liberia, Afrika barat. Kopi ini dapat tumbuh sekitar 9 meter dari tanah.

Jenis kopi ini memiliki ukuran daun, bunga, cabang, buah, dan pohon yang lebih besar dibandingkan dengan jenis arabika dan robusta.

Kopi liberika agak rentan terhadap penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun.

Memiliki kualitas buah yang relatif rendah, namun kopi berjenis liberika mampu berbuah sepanjang tahun dan dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah.

Kopi liberika yang pernah didatangkan ke Indonesia yaitu yang bervarietas Ardoniana dan Durvei.

4. Kopi Ekselsa

Berasal dari Afrika barat, pertama kali ditemukan di dekat Danau Chad.Sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah yang basah.

Kopi sangat mudah dalam hal pembudidayaannya, karena tidak rentan diserang penyakit.

Ini juga dapat ditanam di areal lahan gambut.Di Indonesia, kopi berjenis ekselsa mudah ditemui di kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

Karena topografi lahan di daerah sana sangat mendukung untuk ditanami kopi berjenis ekselsa ini.

Memang harga dan kualitasnya masih jauh dibawah jenis kopi arabika dan robusta tetapi karena tanaman kopi berjenis ini tidak mudah diserang penyakit,sehingga banyak juga petani kopi yang membudidayakan kopi berjenis ekselsa ini.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan,apabila ada kesalahan maupun kekurangan di dalam artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan jika Ac Anda di rumah bermasalah bisa service ac rutin di service ac jogja. Sekian dan terimakasih.

 

RSS
Follow by Email