Cara Memperbaiki Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

Pernahkah Anda merasa sudah menutup pintu kulkas dengan baik namun tidak dapat rapat dengan sempurna? Hal ini biasanya terjadi karena terdapat masalah pada karet pintu kulkas Anda. Masalah ini dapat berupa bentuk karet pintu kulkas yang menjadi keras, dan bisa juga terdapat bagian karet yang sobek atau bolong. Penyebab kerusakan ini biasanya karena usia pemakaian dan bisa juga dikarenakan cara penggunaan yang kurang baik.

Dampak yang terjadi jika karet pada kulkas Anda tidak rapat adalah seperti, pintu yang tidak dapat tertutup dengan baik ,dan suhu yang dimiliki kulkas menjadi lemah, hal ini dapat memicu kompresor kulkas bekerja secara terus menerus untuk mencapai suhu dingin yang dibutuhkan sesuai pengaturan. Dari sini lah beberapa kerusakan lainnya pada bagian mesin dapat terjadi.

Berikut Cara untuk Memperbaiki Karet Pintu Kulkas yang Tidak Rapat

1. Karet Pintu Kulkas Keras

Jika masalah yang terjadi pada pintu kulkas Anda adalah bagian karet yang mengeras, Anda dapat melunakkan bagian tersebut dengan menggunakan pengering rambut atau yang biasa disebut hair dryer. Caranya hanya dengan memanaskan seluruh bagian karet tersebut dengan hati-hati dan merata. Perlu diperhatikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan, karena dapat merusak karet kulkas jika terlalu panas.

2. Karet Pintu Kulkas Sobek/Bolong

Untuk masalah karet pintu kulkas yang rusak seperti sobek atau bolong pada bagian yang mungkin mempengaruhi fungsi aslinya, Anda dapat melakukan penggantian karet pintu kulkas. Namun untuk hal ini cukup merepotkan karena Anda harus memperhatikan ukuran pintu kulkas yang Anda miliki. Beberapa jasa menyediakan hal ini, akan tetapi alangkah baiknya Anda untuk mencoba bantuan dari toko mesin tempat Anda membelinya. Karena dengan penanganan yang tepat akan mempengaruhi masa pakai kulkas Anda di masa mendatang.

Itulah beberapa cara yang harus Anda lakukan ketika terjadi masalah pada karet pintu kulkas Anda. Cara penggunaan yang tepat dan pembersihan secara rutin dapat menambah daya tahan pakai karet pintu kulkas Anda.

 

RSS
Follow by Email