Cara Memperbaiki Kompor Listrik yang Tidak Panas

Kompor listrik merupakan mesin produksi yang mengandalkan hambatan listrik untuk memanaskan pembakar yang tertanam di atas kompor. Kompor listrik ini memiliki sistem pemanas yang sama dengan mesin pemanas air yang memanfaatkan elemen pemanas sebagai pemanas utamanya. Jika pemanas berhenti bekerja dapat mengakibatkan proses memasak Anda menjadi lebih lama dari biasanya, hal ini dapat disebabkan oleh saklar pembakar atau pembakar itu sendiri.

Berikut Ini Beberapa Cara yang Dapat Anda Lakukan Ketika Kompor Listrik Anda Mulai Tidak Panas

1. Burner Bermasalah

Jika kompor listrik Anda tidak memiliki panas yang kuat, hal pertama yang harus diperiksa adalah pembakar itu sendiri. Ini bisa terjadi karena adanya komponen yang terputus di dalamnya atau komponen yang sudah terbakar. Anda dapat memperbaikinya dengan cara memasangnya kembali dan membuatnya lebih kuat supaya tidak terputus kembali di lain waktu. Namun jika terdapat komponen yang terbakar Anda dapat menggantinya dengan yang lebih baru, tentunya dengan ukuran dan type yang sama, setelah itu cobalah untuk menggunakannya kembali. Untuk letak setiap komponen yang terdapat pada kompor listrik Anda memiliki tempat yang berbeda, Anda dapat melihatnya dengan panduan buku manual sehingga lebih aman dan tetap berhati-hati.

2. Penyumbatan Terminal Listrik

Jika pembakar tidak mau menyala atau panas yang dihasilkan kecil, kemungkinan terjadi penyumbatan. Anda dapat memastikan secara visual, mungkin dari kabel yang hangus atau logam yang menghitam. Anda juga dapat menguji terminal listrik dengan mencolokkan alat elektronik yang berfungsi ke dalamnya.

3. Saklar Rusak

Kontak yang peka panas di dalam saklar kompor dapat mengalami aus atau tertutup dengan endapan karbon. Ketika ini terjadi, kemungkinan dapat menyebabkan kontak terhambat atau tidak dapat berfungsi sama sekali. Untuk melakukan pengecekkan pada saklar Anda dapat menggunakan ohmmeter setelah kabel kompor dicabut terlebih dahulu. Saklar ini memiliki dua jalur terpisah, biasanya berlabel L1 dan L2 untuk kaki yang masuk dan keluar. Periksa keduanya, jika saklar rusak Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui pusat masalah yang menyebabkan kompor listrik Anda tidak mengalami pembakaran atau tidak menghasilkan panas sama sekali. Bantuan dari buku manual sangat penting untuk membantu Anda dalam menemukan setiap komponen yang bermasalah.

 

 

RSS
Follow by Email