ilmu agama yang di tinggalkan

Ilmu Agama Yang Di Tinggalkan

Di zaman yang semakin maju ini kebanyakan orang berlomba-lomba dalam mengumpulkan harta sehingga perihal ilmu agama dan akhirat sering kali dilalaikan, ini merupakan sunatullah, dan hanya orang yang di rahmati oleh ALLAH sajalah yang bisa menjadi penuntut ilmu agama dan mengamalkan agama sesuai dengan contoh yang di lakukan oleh para salafus sholeh.

ilmu agama yang di tinggalkan

Sebagai contoh masyarakat kita jauh dari agama adalah tatkala masjid sepi dari kegiatan sholat berjamaah, padahal sholat wajib berjamaah adalah kewajiban setiap muslim, tapi karena ilmu agama yang minim dan kebanyakan kita lebih cinta kepada dunia maka masjid sepi dari kegiatan amal sholat wajib ini.

Juga banyak amalan dari kita yang tidak sesuai dengan contoh yang di ajarkan oleh para ulama salaf, seperti tahlilan dan peringatan hari besar islam, banyak dari kita beralasan bahwa amalan tersebut adalah baik, padahal baiknya amalan yang menilai adalah ALLAH melalui dalil, ada atau tidak dalilnya, kalau semua berbuat seperti itu, yaitu mengamalkan agama tidak dengan dalil maka rusaklah agama ini.

Ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita semua, khususnya para dai dan ustad agar menyadarkan umat akan pentingnya ilmu agama dan mempelajarinya adalah perkara yang sangat besar dan agung serta penuh dengan kemuliaan.

Banyak Hadist Yang Menerangkan Keutamaan Ilmu Agama

Ilmu agama mendapatkan posisi penting dalam agama kita, karena banyak hadist yang menerangkan tentang hal tersebut, berikut ini beberapa hadist yang menerangkan tentang keutamaan ilmu dan saya tulis dalam bentuk artnya atau mahfumnya saja.

Hadist keutamaan ilmu

“Barang siapa menempuh atau berjalan menuju majelis ilmu maka akan dimudahkan jalannya menuju surga”

“Syetan lebih takut kepada orang yang berilmu di banding dengan ahli ibadah”

“Malaikat mendoakan dan menaungi majelis ilmu yang didalamnya disebut Alquran dan hadist Nabi”

Masih banyak lagi hadist yang menerangkan tentang keutamaan ilmu agama. Jika kita sudah tahu tentang hal ini apakah pantas bagi kita untuk tidak hadir dimajelis ilmu?.

Datangi Majelis Ilmu, Karena Ini Adalah Jalan Pintas Menuju Surga

kalimat diatas adalah salah satu mahfum hadist tentang menuntut ilmu, dan kita tahu bahwa apapun yang kita lakukan di dunia ini sering kali kita menginginkan jalan pintas, kenapa untuk masalah akhirat yang merupakan kampung abadi, kita tidak menginginkan jalan pintas?.

Mengapa dikatakan jalan pintas menuju surga, karena memang di dalam majelis ilmu itu di terangkan semua hal yang halal dan haram, sehingga kehidupan kita akan terarah dan sesuai dengan yang diinginkan oleh ALLAH dan Rasulnya.

Alternatif Belajar Ilmu Agama

Yang kita butuhkan adalah niat dan tekad yang kuat untuk belajar dan juga kemauan untuk mengamalkan ilmu agama secara benar dan sesuai contoh dari para ulmaa rabanian.

Jadi mulai sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk malas menuntt ilmu agama, karena kalau kita sibuk masih ada website atau video yang banyak bertebaran di dunia online, tapi tetap mendatangi majelis ilmu adalah yang lebih di utamakan.

Jika kita sibuk maka bisa kita mengakses bolg islami seperti penaungu.com, muslim.or.id, firanda.com yufid.com dan masih banyak lagi situs islami yang berisi catatan ilmu penting berdasarkan alquran dan assunnah.

Tambahan, Dalam menuntut ilmu tidak lupa kita mengharuskan untuk belajar menghafal doa, karena dengan doa ini kita akan mendapatkan pertolongan dari allah, silahkan baca artikel kami tentang belajar menghafal doa harian.