Ilmu Naskah Kuno: Filologi

Filologi bidang ilmu yang sangat langkah yang mungkin tidak pernah dikenal orang pada umumnya terutama warga Indonesia karena sesuatu yang jauh dari bayangan masa kini, karena Filologi bergerak di naskah kuno yang umurnya sudah ratusan tahun paling sedikit paling sedikit puluhan tahun, dan memang sesuatu yang disebut dengan naskah kuno apabila umurnya sudah 50 tahun, jadi kalau belum 50 tahun tidak bisa disebut sebagai naskah kuno. Sebagai contoh umpamanya naskah pidato Presiden Sukarno yang ditulis tangan ketika Kemerdekaan Indonesia itu boleh disebut naskah kuno tapi yang sudah diketik ulang tidak bisa disebut dengan naskah kuno.

Tentu saja pasti ada beberapa orang yang ingin tahu Filologi itu apa? Filologi berasal dari kata Philos dan Logos yang artinya studi tentang buku-buku kuno dan yang terpeting adalah harus ada tulisan tangan kalau tidak ada tulisanan tangan tidak bisa disebut sebagai ilmu Filologi. Memang didalam naskah-naskah tulisan tangan lama itu banyak orang yang tidak mengerti alasannya sendiri tentu saja dikarenakan merupakan tulisan tangan dan huruf kuno tetapi didalam naskah kuno seperti ini banyak sekali hal yang bisa kita angkat dan bisa kita kaji pada masa sekarang. Jadi sesuatu yang disebut dengan Filologi adalah ilmu tentang naskah kuno dan buku-buku kuno yang ditulis dengan tangan.

Baca juga Metodologi Penelitian

Tentu saja bentuk Filologi harus tradisional karena memang ditulis dengna tulisan tangan isinya adalah ide-ide pemikiran dari para nenek moyang kita yang ditulis dan diwariskan pada generasi berikutnya. Naskah Indonesia sendiri sangat banyak dan beragam kalau dari segi bahannya Indonesia menggunakan Deluang yang terbuat dari kulit pohon saeh, ada juga dari lontar dan jenis palem, ini hanya dalam segi bentuk fisik. Untuk isinya sendiri bermacam-macam ada tentang obat-obatan, tentang ilmu pengetahuan, astrologi, astronomi kemudian juga tentang dongeng mitologi, filsafat, keagamaan dan macam-macam, sungguh luar biasa memang nenek moyang kita hebat-hebat dan tentu pintar. Sampai sini saja admin dapat berbagi tentang Filologi semoga kalian suka dan bermanfaat bagi semua umat dunia.