Manfaat Bermain Game: 10 Hal Positif yang Bisa Diperoleh dari Bermain Game

Manfaat Bermain Game: 10 Hal Positif yang Bisa Diperoleh dari Bermain Game

Manfaat Positif & Negatif Bermain Game Online

Bermain Game terkadang di anggap negatif sebab dinilai tidak bermanfaat. Belum lagi banyaknya mitos seperti game bisa merusak kerja otak, membuat bebal dan lain sebagainya.

Memang, ada sisi negatif dari bermain Game seperti bisa membuat orang menjadi asosial dan apatis.

Namun, ini terjadi jika kamu kebablasan ketika bermain game. Di samping hal-hal negatif, bermain game juga mempunyai manfaat positif.

Mau tahu apa saja manfaat bermain game yang positif? Ini penjelasannya.

1. Mengasah Otak
Bermain game dapat menajamkan otak kamu. Dalam permainan game, tentunya diperlukan strategi dan logika untuk menuntaskan setiap level atau misi.

Skill yang anda tingkatkan dalam setiap permainan juga dapat membuat anda terbiasa membuat keputusan saat menghadapi pilihan susah di dunia nyata.

2. Mengembangkan Otak Kanan
Otak kanan menata kreatifitas, inovasi, cerminan dan lain-lain. Kemampuan otak kanan dapat dinaikkan jika anda bermain game. Kemampuan merangkai strategi dan penggambaran akan terlatih saat bermain game.

Bayangkan jika kamu aplikasikan kemampuan anda di dunia nyata. Kamu dapat menghasilkan ide-ide yang bertolak belakang dari yang lain sebab mereka (yang tidak bermain game) terbiasa beranggapan sesuai teori dan monoton.

3. Menghilangkan Stress
Tujuan utamanya bermain game adalah mengurangi stress setelah anda menjalani kegiatan yang berat.

Dengan bermain game anda akan merasa senang. Otak anda pun mendapat rangsangan baru sehingga dapat kembali fresh.

4. Melatih Kerja Sama Tim
Game jenis multiplayer tentunya mensyaratkan kerja sama tim. Kerjasama sama tim tidak cuma dilakukan saat bekerja tetapi juga saat bermain game.

Game tidak seru jika dinikmati sendiri. Bermain game lebih menantang dan memunculkan keceriaan jika dimainkan bersama teman dan keluarga.

5. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris
Setiap game pastinya memiliki cerita yang berbeda-beda. Di tiap game anda akan menemukan banyak dialog, pernyataan, pertanyaan dan penjelasan yang memakai bahasa Inggris.

Game dapat menjadi pilihan untuk belajar bahasa Inggris. Sebab, anda pasti harus mencari tahu setiap keterangan, dan kisah yang diungkapkan dalam game. Jadi, bermain game dapat menjadi salah satu sarana untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris kamu.

6. Melatih Kesabaran
Yup, ini menjadi mimpi buruk penting dalam bermain game. Musuh dan level dalam permainan akan menajamkan kesabaran kamu. Jika anda sudah capek, lebih baik stop bermain dan mainkan lagi nanti.

Karena jika kamu teruskan, kesabaran anda akan habis dan game menjadi tidak menyenangkan lagi. Bahkan bisa membuat frustasi.

7. Menghasilkan Uang
Game bisa menghasilkan uang. Caranya dengan mengikuti persaingan game atau turnamen yang diadakan.

Biasanya persaingan seperti ini menjanjikan hadiah berupa uang tunai yang menggiurkan. Jadi, bermain game tidak sering kali identik dengan membuang-buang uang atau waktu.

8. Membangun Sifat Optimis
Kamu tentunya bermain untuk tujuan tertentu, mulai dari menyelesaikan misi maupun mengalahkan lawan. Sikap positif juga diperlukan supaya kamu sering kali optimis dalam setiap permainan.

Di samping itu, jika kamu kalah pastinya anda akan mengupayakan lagi supaya menang dari level tersebut, bukan? Tanpa anda sadari, tentunya anda mempunyai sikap optimis dalam setiap game yang anda mainkan.

9. Menambah Teman
Untuk game online, anda akan bertemu orang tak dikenal dalam setiap permainan. Contohnya seperti PUBG, Mobile Legend dll. Di situ anda harus bersama meraih kemenangan dan tanpa anda sadari anda harus akrab dengan orang lain.

Oleh sebab itu, anda harus bekerja sama untuk memenangkan setiap game nya. Nah, ternyata dalam game ada juga unsur sosialnya ya?

10. Memperbaiki Mental
Dengan banyaknya game yang anda mainkan, tanpa disadari seperti mengikuti terapi mental. Kamu akan mempunyai mental kuat.
Kamu akan jadi orang yang tidak banyak bicara dan bisa memecahkan masalah dengan santai. Semua itu terlatih dari game yang anda mainkan.

Demikianlah tulisan manfaat bermain game yang sudah dibahas di atas. Game bisa positif asal tidak dimainkan berlebihan.

Jangan paksakan diri, ya. Jika sudah saatnya berhenti, lebih baik berhenti dan beristirahat.

RSS
Follow by Email