manfaat santan kelapa

Manfaat Santan Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat santan kelapa – Selama ini, santan yang berasal dari kelapa sering dianggap sebagai makanan yang bisa memicu berbagai penyakit serius, mulai dari peningkatan kolesterol hingga penyakit jantung.

Padahal, santan juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Santan murni yang belum dicampur dengan bahan lain tidak mengandung kolesterol tinggi. Risiko kolesterol akan tinggi jika santan telah dicampur dengan bahan lain seperti daging, telur, atau jeroan.

Terlebih saat santan dikonsumsi bersama dengan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi. Risiko penyakit yang telah dibahas sejauh ini akan terjadi ketika santan dikonsumsi dalam ukuran yang tidak wajar.

Ketika santan murni dikonsumsi pada tingkat yang tepat, ternyata santan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Manfaat santan yang jarang dikenal untuk kesehatan adalah dapat membantu menjaga kekebalan tubuh atau kekebalan tubuh dari penyakit. Santan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, bahan lain yang terkandung dalam santan murni yaitu asam laurat, asam kaprat, dan antimikroba berfungsi sebagai penangkal bakteri dan virus yang bisa masuk ke dalam tubuh, seperti influenza.

Kelapa juga dapat digunakan untuk mendukung kesehatan, sebagai komponen bahan kecantikan, bahkan sebagai campuran minyak pelumas.

Salah satu komponen kelapa yang bermanfaat adalah santan. Santan adalah cairan yang diekstrak dari kelapa.

Manfaat Santan Kelapa

  1. Rambut

Santan adalah kondisioner yang efektif untuk rambut karena mengandung minyak dan nutrisi lain yang dapat memperkuat akar rambut.

Santan merangsang pertumbuhan rambut dan menunda timbulnya uban. Rambut akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah rontok saat blow pengeringan atau keriting.

Kelembaban alami yang diberikan oleh santan juga dapat membantu menghilangkan ketombe. Pijat santan ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan sampo.

Ketika dikombinasikan dengan minyak kelapa, santan dapat bertindak sebagai kondisioner yang membuat rambut lembut dan berkilau.

  1. Scrub/ Lulur

Santan dapat digunakan bersama dengan produk lain untuk membuat lulur wajah atau tubuh.

Scrub dari santan secara efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, menjadikan kulit lembut dan tampak sehat.

Campurkan 1 cangkir garam, 4 sendok makan. santan, dan 1 1/2 sendok makan. sedangkan selain santan, minyak kelapa untuk dijadikan pewangi.

Tambahkan lebih banyak santan hingga campuran mencapai konsistensi yang diinginkan.

Oleskan ke kulit untuk efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

  1. Krim

Santan dapat dibuat menjadi krim untuk meningkatkan kelembaban kulit dan membantu mencegah pengeringan dan mengurangi rasa gatal.

Campur santan dengan bubuk cendana, lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas.

Atau, santan bisa langsung dioleskan ke kulit tanpa menambahkan bahan lain. Jika segera digosok, santan tidak perlu dibilas.

  1. Air Mandi

Santan juga bisa ditambahkan langsung ke air mandi untuk melembabkan kulit di seluruh tubuh.

Tambahkan 1/2 cangkir santan ke dalam bak mandi untuk membuat kulit lembut dan kenyal.

Tambahkan 1/2 cangkir air mawar untuk memperkuat aroma air mandi, sambil tetap mempertahankan efek positif dari santan.

Kulit kering memudahkan bakteri menginfeksi tubuh, sehingga pelembab kelapa dapat membantu menjaga kesehatan kulit. dan itulah manfaat santan kelapa.