Jasa Pengaspalan Jalan

Mengetahui ciri kualitas aspal yang bagus

Maraknya kontruksi yang dilakukan oleh BUMN maupun swasta saat ini bertujuan untuk memajukan laju ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah memajukan infrastruktur di Indonesia yang akhir-akhir ini sedang getol-getolnya membangun infrastruktur. Baik itu jalan, jembatan maupun infrastruktur lainnya. Prioritas utama memang adalah jalan raya yang digunakan sebagai sarana logistic Indonesia. Untuk menekan harga akomodasi yang lebih murah, maka Indonesia membangun berbagai sarana infrastruktur.

Jalan-jalan di Indonesia yang dibangun semakin banyak dan semakin baik. Itu tidak terlepas dari baiknya pemilihan jasa pengaspalan yang mengikuti tender. Jasa pengaspalan inilah yang mempunyai peran penting dalam membangun jalan di Indonesia. Kualitas jalan yang baik bukan hanya dari material yang digunakan namun juga takaran yang pas pada saat pembangunan. Banyak saat ini kontraktor jalan yang meggunakan berbagai jenis aspal. Namun untuk menekan cost yang besar, Indonesia memilih menggunakan cor beton untuk membangun jalan-jalan di Indonesia.

Jasa Pengaspalan Jalan

Namun perlu diketahui bahwa aspal juga menjadi pilihan yang bagus untuk penambalan jalan yang berlubang. Jalan-jalan yang berlubang hanya pada satu titik atau beberapa titik di jalan lebih mudah menggunakan aspal bakar atau hotmix yang digunakan untuk menambal jalan yang berlubang. Untuk mengetahui kualitas aspal yang digunakan kita dapat melihat dari ciri fisik dari aspal tersebut. Ada beberapa ciri yang membedakan kualitas aspal yang bagus dan kualitas aspal yang jelek. Mulai dari warna, penampakan, halus atau kasar. Untuk itu simak beberapa ciri kualitas aspal yang bagus dilihat dari ciri fisik aspal yang digunakan.

Warna aspal hitam pekat. Warna yang hitam pekat ini menunjukan bahwa aspal yang digunakan adalah aspal yang cukup baik. Sehingga warna pekat di aspal menunjukan konsentrasi kepekatan aspal. Jika warna aspal tidak terlalu hitam pekat maka kualitas aspal yang digunakan tidak terlalu baik atau berkualitas rendah.

Tidak banyak agregat yang terlepas. Agregat yang terlepas pada saat pemadatan menunjukan bahwa campuran aspal dengan agregat lainnya tidak menyatu dengan baik. Campuran yang kurang baik ini bias menyebabkan aspal baru mudah berlubang atau mengelupas kembali. Sehingga kualitasnya menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

Adanya retakan rambut pada aspal baru. Ada beberapa penyebab mengapa banyak retakan rambutnya. Salah satunya adalah tanah dibawah yang tidak stabil atau masih kurang padat. Sehingga aspal akan bergeser pada saat tanah mulai amblas.

Untuk itu pilihlah jasa pengaspalan yang baik dengan kualitas aspal yang bagus juga. Menjaga kualitas jalan di Indonesia cukup bagus sehingga menjadi lebih tahan lama dan tidak melakukan penambalan aspal ditempat yang sama berulang kali.