Menggerakkan Karir kita Melampaui Web Designer

Menggerakkan Karir kita Melampaui Web Designer

Web Designer harus memiliki berbagai keterampilan teknis dan desain, dan mereka seringkali pandai menyulap banyak hal sekaligus. Tetapi sedangkan perancang web sudah merancang website web selama beberapa dekade sekarang, industri secara bersamaan bergerak mengarah ke sesuatu yang baru. Ia menjadi standar dan dikomoditisasi. Desain dalam “desain web” mulai menjadi tidak cukup penting.

 

Salah satu alasan utama kami berada pada titik ini adalah karena sangat mudah untuk mendesain website web saat ini memakai template atau sistem CMS yang intuitif seperti WordPress.

 

Sebagai seorang web desainer, Anda mungkin bertanya-tanya apakah profesi Anda sudah sekarat, dan apakah Anda harus berjuang melampaui kemampuan desain web Anda.

 

Apakah Desain Web adalah Profesi yang Sekarat?

Pertanyaan yang sering saya dengar akhir-akhir ini adalah apakah desain web adalah profesi yang sekarat atau tidak. Banyak macam profesi sudah datang dan pergi di masa lalu, jadi apakah hal yang sama juga akan terjadi dengan desain web?

 

Pertanyaan ini ada di benak banyak orang karena, tidak hanya ada banyak persaingan dari perangkat lunak desain web, bidang desain web juga sangat berlebihan. Ada yang dinamakan desainer web yang bekerja dari setiap bagian dunia saat ini.

 

Namun, jawaban singkat untuk pertanyaan yang sangat kompleks ini bisa jadi besar adalah tidak.

 

Kualitas Masih Sulit Ditemukan

Meskipun ada desainer web di mana-mana, desain web berbobot atau berkualitas masih susah didapat. Jika kita pernah mencoba menggali perancang web yang berkualifikasi sebelumnya, kita tahu bahwa itu bukanlah tugas yang mudah.

 

Anda bisa mengejar ratusan perancang web tetapi banyak sekali tidak akan berada di posisi teratas. Itu sebab perancang web hebat telah dipekerjakan. Desainer web yang hebat seringkali tidak memerlukan pekerjaan dan sering kali memiliki beberapa peluang yang menantikan mereka. Tapi bagaimana kita menjadi desainer web yang hebat?

 

Meningkatkan Keterampilan Anda

Meningkatkan kemampuan Anda secara konstan penting untuk karier apa pun. Menjadi berpengalaman dalam sesuatu jauh bertolak belakang dengan menguasai sesuatu. Banyak orang bisa menjadi desainer web yang baik, tetapi hanya sedikit yang bisa menjadi hebat.

 

Perbedaan antara keduanya adalah yang satu hanya melakukannya demi uang sedangkan yang lain terobsesi dengan bidang.

 

Jika kita belum menjadi seorang master, tapi memiliki kemauan yang sangat kuat untuk mencapainya, maka Anda sudah di depan banyak sekali orang. Jika Anda energik mempelajari hal-hal baru dalam desain web dan seseorang yang menyimak Stack Overflow setiap hari, Anda ada di jalur yang benar.

 

Memperluas Keterampilan Anda

Jika kita seorang desainer web yang hebat, karier Anda mungkin aman untuk beberapa waktu. Karena Anda adalah jenis langka, Anda tidak bisa dengan mudah digantikan oleh orang atau perangkat lunak lain. Namun, ini hanya masalah waktu sampai Anda mempunyai lebih banyak persaingan.

 

Itulah kenapa Anda harus terus-menerus dalam proses mengembangkan kemampuan Anda. Anda harus mendahului perancang web untuk mengamankan masa depan Anda. HTML, CSS, dan Photoshop hanya akan membawa Anda sejauh ini.

 

Keterampilan yang sangat bermanfaat untuk dijangkau selanjutnya adalah JavaScript dan jQuery sehingga Anda bisa memperkuat kumpulan kemampuan pengembangan web front-end Anda.

 

Jika Anda telah mahir dalam JavaScript, kini saatnya untuk membuat lompatan dan terjun ke dunia pengembangan back-end seperti PHP atau Ruby. Meskipun pengembangan front-end menghadapi kompetisi yang bertambah dari oversaturasi dan perangkat lunak, bidang pengembangan back-end tidak mendekati itu. Karena bidang ini jauh lebih komplek dan menarik, kemampuan Anda harus digemari untuk jangka waktu yang lebih lama.

 

Masa Depan Desain Web

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bidang desain web sangat terstandarisasi saat ini yang sederhana untuk siapa saja untuk melakukan pembelian tema berbobot atau berkualitas tinggi dan menginstalnya di website WordPress. Dengan ketersediaan banyak pembuat halaman dan plugin kustomisasi, kita bisa menciptakan situs web yang terlihat hebat tanpa menghabiskan banyak uang.

 

Meskipun otomatisasi tidak pernah bisa benar-benar menggantikan desain web berkualitas, hal itu bisa menurunkan jumlah kesempatan  untuk mereka yang menyempatkan tenaga kerja manual yang berkualitas.

 

Tidak semua orang mengharapkan atau memerlukan situs web berbobot atau berkualitas tinggi dengan kode bersih yang bisa dibaca dan dicerna oleh 99% desainer web lainnya. Sebagian besar pemilik bisnis kecil hanya ingin memiliki eksistensi web, yang bisa dijangkau tanpa membutuhkan perancang web.

 

Jika kita mengembangkan kemampuan Anda di luar dasar-dasar HTML, CSS, dan Photoshop, Anda bisa jadi besar dapat memberikan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh otomatisasi. Bahkan skrip simpel yang melakukan manfaat rutin dan dasar bisa jauh lebih bermanfaat daripada yang disediakan perangkat lunak otomasi.

 

Transisi menjadi Kewirausahaan

Saat kita berada pada titik di mana kita menguasai pengembangan front-end dan menjadi sangat kuat dalam pengembangan back-end, tahapan logis berikutnya adalah kewirausahaan. Pada saat Anda menjangkau level elit di lapangan, kita seharusnya tidak ada masalah mendapatkan banyak klien dan mencari nafkah dengan bekerja untuk diri sendiri.

 

Dengan kemampuan yang tepat di toolbelt Anda, pada dasarnya kita bisa mengerjakan apa pun yang Anda mau — sebab Anda bisa melakukan semuanya sendiri.

 

Sumber : Amazing Ideas Attractive Web Design

RSS
Follow by Email