Adobe Premiere Pro

Perbandingan Adobe Premiere Pro VS Sony Vegas Pro. Mana yang Terbaik?

Bagi kamu yang memiliki hobi dibidang video editing, tentu sudah tidak asing lagi dengan dua software ini, yaitu Adobe Premiere Pro dan Sony Vegas Pro. Kedua aplikasi edit video pc ini seakan sudah menjadi rival sejak dahulu hingga saat ini.

Para pengguna baru yang sedang belajar dalam bidang video editing tentu saja dibuat bingung harus menggunakan aplikasi yang mana untuk bisa menghasilkan video terbaik setelahnya. Meskipun keduanya sama-sama aplikasi editor video, namun tentu saja fitur-fitur dan keunggulan yang ditawarkannya berbeda-beda.

Namun, sebelum kita membahas terlalu dalam tentang fitur yang ada pada kedua aplikasi ini, ada baiknya kita memulai terlebih dahulu dari sisi user interface atau tampilannya terlebih dahulu. Saat pertama kali membuka aplikasi Adobe Premiere Pro dan Sony Vegas Pro, kamu akan menemukan dua tampilan editor yang berbeda, beserta penyusunan layout, timelinenya juga.

Dari sisi tampilan, Adobe Premiere Pro memiliki tampilan yang bisa dibilang lebih modern dan mengikuti perkembangan user interface saat ini. Sementara Sony Vegas Pro, masih konsisten sejak dulu menggunakan user interface yang sama.

Lantas apakah Adobe Premiere Pro dapat dibilang lebih unggul dalam sisi tampilan? Hal tersebut kembali lagi ke selera masing-masing. Dengan tampilan Sony Vegas Pro yang konsisten sejak dulu, tentu saja akan lebih memudahkan user dalam mengoperasikannya, karena lebih simple. Akan tetapi, jika kamu lebih nyaman menggunakan aplikasi dengan tampilan modern, tentu Adobe Premiere Pro dapat menjadi solusi editing kamu.

Oke, lanjut ke komparasi fitur yang dimiliki kedua aplikasi ini.

Adobe Premiere Pro

Kita mulai dari Adobe Premiere Pro. Aplikasi karya dari Adobe ini memiliki kemampuan mengolah video dan mendukung resolusi hingga 4K, ya benar, 4K. Sehingga aplikasi ini tidak hanya ditujukan untuk pemula, namun juga bisa digunakan level professional sekalipun yang memiliki kebutuhan rendering video dengan resolusi yang tinggi.

Dalam proses rendering, teknolagi mengungkapkan bahwa Adobe Premiere Pro memiliki kemampuan memproses lebih cepat dengan adanya fitur Quick Time. Selain itu, Adobe Premiere Pro tentunya juga mendukung beragam format file audio dan video, sehingga kamu tidak perlu melakukan konversi format file terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita beralih ke fitur yang dimiliki Sony Vegas Pro.

Sony Vegas Pro

Yang paling memudahkan dalam menggunakan Sony Vegas Pro adalah fitur timelinenya yang sederhana. Hal tersebut tentu saja sangat memudahkan pemula yang ingin memulai produksi editing video secara mandiri. Meskipun demikian, Sony Vegas Pro tetap mampu melakukan editing hingga tingkat professional.

Proses pembuatan audio dan pemberian efek pada video juga terbilang cukup mudah jika menggunakan Sony Vegas Pro. Berbeda dengan Adobe Premiere Pro yang tidak dapat melakukan preview secara langsung terhadap efek yang kita implementasikan pada video, Sony Vegas Pro mampu memberikan preview secara langsung hasil efek yang kamu gunakan.

Kemudian, untuk dapat menambahkan efek, Sony Vegas Pro telah menyediakan beberapa bawaan yang bisa kamu gunakan secara langsung, berbeda dari Adobe  Premiere Pro yang mengharuskan kamu untuk menambahkannya setelah instalasi selesai jika dibutuhkan.

Namun, dari sisi proses video, Adobe Premiere Pro bisa dibilang lebih unggul dengan hasil video yang dihasilkan beserta resolusi yang didukung. Tetapi itu juga menjadi kelemahan dari Adobe Premiere dan jadi keunggulan Sony Vegas Pro terhadap video yang dihasilkan. Ukuran file yang dihasilkan oleh Sony Vegas Pro lebih memanjakan kapasitas Hardisk kamu dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro.

RSS
Follow by Email