SEO Tools Gratis Terbaik untuk Meningkatkan Peringkat Anda

Anda tidak perlu membayar untuk meningkatkan peringkat Google situs web Anda dengan alat SEO gratis ini. Apakah Anda ingin melihat siapa yang menautkan kembali ke situs Anda atau menyelami penelitian kata kunci, ini adalah alat SEO gratis terbaik untuk para pengusaha digital yang hemat.

search engine optimization

SEO Yoast

Yoast adalah plugin WordPress yang populer yang memberi Anda semua informasi dasar yang Anda butuhkan saat mengoptimalkan SEO di halaman. Versi gratis Yoast memiliki kemampuan penting berikut.

Pilih Satu Kata Kunci per Sepotong Konten: Yoast akan memberi tahu Anda kepadatan kata kunci, distribusi, dan apakah Anda bertentangan atau tidak dengan konten yang sudah ada sebelumnya. Ini sangat penting bagi siapa pun yang memiliki situs web.

Periksa Keterbacaan: Meskipun sebagian besar diskusi pengoptimalan mesin pencari melibatkan peringkat untuk Google, penting untuk diingat bahwa bagaimana pemirsa Anda terlibat dengan konten Anda pada akhirnya akan menentukan di mana peringkat mesin pencari.

Itulah sebabnya Yoast mengintegrasikan Skor Kemudahan Membaca Flesch untuk menentukan seberapa mudahnya membaca konten Anda. Ini sejalan dengan tren pemasaran SEO teratas pada tahun 2019: Kualitas konten, bukan hanya kuantitas, penting bagi Google dan pembaca.

Hindari Konten Duplikat: Membuat konten duplikat adalah cara yang pasti untuk membingungkan algoritma Google. Itu sebabnya Yoast membuat URL kanonik di plugin gratisnya.

Plugin Favorit Diantara Alat SEO Berbayar dan Gratis: Meskipun Yoast versi gratis menawarkan beberapa kemampuan luar biasa, Yoast Premium memiliki beberapa fitur untuk pengoptimalan tambahan. Ini termasuk:

  • Redirect Manager untuk menghindari 404s
  • Saran Menautkan Internal untuk meningkatkan pengoptimalan internal Anda
  • Optimasi kata kunci untuk beberapa kata kunci

 

Namun, pembaruan terkini memberi tahu Anda lebih sedikit, tidak lebih, tentang pengoptimalan kata kunci Anda. Misalnya, alih-alih mencantumkan persentase teks Anda secara tepat dengan kata kunci, itu hanya memberi tahu Anda apakah persentase itu terlalu tinggi, atau terlalu rendah.

Google Analytics

Berlaku untuk WordPress, Shopify, atau bahkan blog Tumblr, Google Analytics adalah salah satu alat SEO gratis terbaik karena fleksibilitasnya. Setelah mengaitkan akun gratis Anda ke situs web, Anda dapat melakukan hal berikut:

Tetapkan Tujuan: Ini dapat berupa berapa banyak orang yang mendaftar untuk buletin Anda, melacak produk Anda, atau metrik apa pun yang menurut Anda akan bermanfaat bagi situs web Anda.

Lihat traffic Situs Langsung: Berapa banyak orang di situs Anda saat ini? Apakah mereka ada di desktop atau seluler? Dari mana mereka berasal? Google Analytics akan memberi tahu Anda semua ini secara real time.

Buat Laporan Ikhtisar Pemirsa: Google Analytics akan membuat laporan gratis untuk Anda tentang data termasuk:

  • Sesi
  • Tampilan halaman
  • Pengguna
  • Tingkat pentalan
  • Durasi sesi rata-rata

Ingin mengetahui seluk beluk, seperti dari negara mana pengguna Anda berasal, browser mana yang mereka gunakan, resolusi layar mereka dan sistem operasi mereka? Ini adalah salah satu alat SEO gratis terbaik untuk mengakses semua yang perlu Anda ketahui tentang lalu lintas Anda.

Google Analytics berbayar untuk 10 Juta + Hits

Jika Anda mendapatkan lebih dari 10 juta klik per bulan, Anda harus membayar untuk Google Analytics 360, yang biayanya $ 150.000 per tahun. Sisi baiknya, ini hadir dengan layanan tambahan seperti Google Drive Integration dan dukungan 24/7.

Pemeriksa Backlink Ahrefs

Ahrefs, yang berfokus pada perangkat lunak berbayar, juga memiliki alat pemeriksa backlink gratis. Dalam hitungan detik, perangkat lunak ini dapat memberi tahu Anda hal berikut tentang domain apa pun di internet.

Peringkat URL dan Peringkat Domain: Meskipun Ahrefs Backlink Checker tidak menjelaskan bagaimana ia menghitung Peringkat URL situs web dan Peringkat Domain, angka-angka ini masih memberi Anda ide yang baik tentang otoritas situs web.

 

Peringkat URL: Angka ini (dari 100) memberi tahu Anda seberapa kuat profil backlink situs web. Dibutuhkan tautan internal dan eksternal. Secara umum, ini berkorelasi dengan peringkat Google situs web.

Peringkat Domain: Angka ini akan memberi tahu Anda di mana situs web berdiri dalam hal popularitas tautan.

Tautan Balik: Tidak hanya daftar berapa banyak situs yang menghubungkan kembali ke domain Anda, tetapi memberikan Anda daftar 100 backlink teratas, persentase tautan dofollow dan lima jangkar teks teratas yang digunakan untuk menghubungkan ke situs web.

Versi berbayar dari Ahrefs Komprehensif: Hanya dalam versi berbayar dari Ahrefs Anda dapat mengaudit situs Anda, melacak kata kunci, menghasilkan laporan, dan sepenuhnya memahami arah optimasi mesin pencari situs web Anda. Kami menyertakan versi berbayar dalam daftar alat SEO terbaik kami untuk membantu Anda peringkat lebih tinggi di Google.

MozBar

Juga di daftar alat SEO gratis terbaik kami adalah MozBar: ekstensi gratis yang dapat memberi Anda ide bagus tentang struktur situs situs web apa pun yang Anda kunjungi. Ini memberikan informasi tentang lima kategori utama: elemen di halaman, atribut umum, metrik tautan, markup, dan status HTTP.

Elemen Di Halaman: Di kategori pertama, MozBar dapat memberi tahu Anda:

  • Judul halaman
  • Deskripsi meta
  • Kata kunci meta
  • H1 dan H2
  • Teks alternatif

Ini memberikan jumlah karakter untuk masing-masing, juga.

Tautan Metrik dan Informasi Lainnya: Tiga kategori lain di MozBar memberikan informasi lebih lanjut tentang bagaimana situs yang Anda kunjungi disusun, termasuk:

  • Waktu pemuatan halaman
  • Otoritas halaman dan domain
  • Total tautan
  • Tautan yang diikuti eksternal
  • Sebagian besar informasi ini memerlukan pembuatan akun Moz, yang juga gratis.

Gunakan MozBar untuk Memahami Situs Lain: Jika Anda baru saja memulai dengan optimasi mesin pencari, MozBar adalah cara yang bagus untuk melihat bagian belakang situs web mana pun.

Namun, itu tidak memberikan informasi yang dapat ditindaklanjuti untuk situs web Anda sendiri.

 

Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah salah satu alat SEO gratis terbaik, meskipun Anda harus memiliki akun Google AdWords untuk menggunakannya. Setelah mengatur akun, Anda dapat masuk ke Perencana Kata Kunci untuk mengakses beberapa fungsi utama:

Temukan Kata Kunci Baru: Bagian alat ini membantu Anda menyelesaikan hal itu: menemukan kata kunci baru. Google memungkinkan Anda memasukkan URL, frasa, atau kata kunci, yang akan menghasilkan daftar kata kunci baru yang mungkin.

Bandingkan Kata Kunci: Di ​​sini, Anda dapat memasukkan daftar kata kunci untuk menghasilkan metrik tentang masing-masing. Bagian dari alat SEO gratis Google ini menghasilkan prediksi untuk kata kunci spesifik berdasarkan:

  • Tayangan
  • Klik
  • Volume pencarian bulanan
  • Persaingan peringkat
  • Biaya per klik

Perencana Kata Kunci Google Sekarang Menyediakan Lebih Sedikit Informasi: Pembaruan terbaru untuk Perencana Kata Kunci Google membatasi beberapa kemampuannya. Untuk satu, Anda sekarang memerlukan akun AdWords untuk menggunakannya. Anda tidak dapat lagi membedakan antara desktop dan pemirsa seluler Anda.

Selain itu, perlu diingat bahwa meskipun Perencana Kata Kunci Google adalah salah satu alat SEO gratis paling berguna, ia dirancang untuk digunakan dalam kampanye AdWords.

Wayback Machine

Meskipun sepertinya tidak pada pandangan pertama, Wayback Machine adalah salah satu alat SEO gratis yang paling menarik untuk digunakan. Sebagai permulaan, Mesin Wayback adalah arsip internet. Ini berarti bahwa Anda dapat melihat seperti apa sebuah situs web lima, 10, 15 tahun yang lalu, atau lebih dan bagan bagaimana situs itu berkembang setiap bulan sejak saat itu.

Menggunakan Mesin Wayback untuk SEO: Ada beberapa cara untuk menggunakan Mesin Wayback untuk optimasi, terutama jika Anda seorang profesional.

Lacak bagaimana situs web telah berubah, memberi Anda wawasan mengapa lalu lintas berfluktuasi

Arsipkan tampilan situs web Anda jika Anda ingin kembali ke versi sebelumnya setelah mengubah situs Anda

Pahami apakah tautan telah menghilang

Dalam istilah sederhana, Mesin Wayback adalah cara yang tidak memihak untuk melacak bagaimana situs Anda (atau klien) telah berkembang dari waktu ke waktu.

 

Screaming Frog Spider

Screaming Frog Spider adalah perangkat lunak gratis yang meniru cara mesin pencari merayapi situs web Anda. Ingatlah bahwa proses ini membutuhkan waktu lebih lama daripada perangkat lunak lain dalam daftar alat SEO gratis terbaik kami. Untuk pemula, Screaming Frog tampaknya memberi Anda banyak informasi. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu.

Redirect: Perangkat lunak ini akan menemukan setiap tautan yang terputus di dalam situs web Anda. Tentu saja, terserah Anda untuk kembali dan memperbaikinya.

Judul Halaman: Screaming Frog akan mencantumkan setiap URL dengan judul halamannya. Anda ingin memastikan tidak ada judul halaman duplikat dan bahwa Anda mengoptimalkan kata kunci dengan benar.

Laporan Konten: Program ini akan memberi Anda informasi tentang deskripsi meta, judul, dan jumlah konten Anda di setiap halaman. Itu juga akan membuat laporan konten untuk Anda, yang dapat Anda ekspor.

Screaming Frog membuat spreadsheet besar yang menjabarkan seluruh situs Anda. Jika Anda tahu ke mana harus mencari, informasi ini dapat ditindaklanjuti, tetapi bisa sangat besar bagi sebagian orang yang dapat memperoleh manfaat dari layanan profesional. Selain itu, Screaming Frog harus diunduh ke komputer Anda, dan ia berada di sisi besar.

Mengoptimalkan situs web Anda tidak harus mahal. Ada alat SEO gratis yang dapat Anda gunakan untuk memahami pengoptimalan situs web lain, melakukan penelitian kata kunci, dan bahkan membuat grafik kampanye.

Apakah Anda ingin melacak kemajuan Anda setelah memilih perusahaan SEO Anda berikutnya atau mulai mengoptimalkan konten Anda sendiri, ada lebih banyak pilihan gratis dari sebelumnya untuk meningkatkan peringkat Anda hari ini.