Strategi Jitu Bisnis Ritel Menang dalam Persaingan

Strategi jitu selalu dibutuhkan dalam setiap persaingan tercantum bisnis ritel. Persaingan bisnis ritel modern di Indonesia semakin lama menjadi semakin ketat. Sejak dikeluarkannya Keputusan Presiden nomor. 99/1998 yang menghapuskan larangan investor dari luar untuk masuk ke dalam bisnis ritel di Indonesia, bisnis menjual barang secara langsung kepada konsumen ini semakin gempar. Hal ini diisyarati timbulnya pertokoan dengan konsep self-service ataupun swalayan yang juga mencampurkan bisnis ini dengan peningkatan teknologi serta mempu menciptakan atmosfer belanja yang bersih dan nyaman membuat budaya tertentu dalam aktivitas berbelanja bagi masyarakat Indonesia.

Peritel asli Indonesia ingin tidak ingin harus berhadapan dengan peritel asing yang sudah malang melintang dalam bisnis ini. Mereka tidak hanya berkembang Indonesia tetapi juga sudah memiliki cabang di bermacam belahan dunia. Untuk menanggapi tantangan ini, maka peritel Indonesia harus menciptakan strateginya sendiri agar bisa memenangkan persaingan.

Ada beberapa strategi jitu yang bisa Anda terapkan untuk memenangkan persaingan bisnis ritel antara lain sebagai berikut:

Kenali Konsumen

Konsumen adalah aset yang tak tergantikan dalam bisnis ritel. Tentun saja sumber pemasukan utama dari bisnis ini yakni belanja konsumen. Semakin banyak konsumen berbelanja, maka keuntungan peritel akan semakin besar pula. Dengan mengidentifikasi konsumen kita bisa memahami pola belanja, barang yang disukai dan lain sebagainya. Ini bisa dijadikan sebagai olahan acuan untuk membuat promosi ataupun program penawaran yang mampu menaikkan atensi belanja konsumen. Lebih dari itu, kita juga bisa mempersiapkan program khusus untuk pelanggan yang loyal.

Program keanggotaan ataupun member dengan memberikan diskon ataupun potongan harga untuk produk tertentu juga mampu diusahakan di sini. Intinya, pelajari apa yang menjadi kebutuhan dan kemauan serta apa yang disukai oleh konsumen.

Promosi Dengan Sablon Plastik Kemasan

Nah, salah satu hal yang wajib anda gunakan untuk meningkatkan promosi adalah sablon plastik pada plastik belanja yang anda gunakan. Walau ini terlihat simple, tapi efeknya sangat luar biasa. Bayangkan berapa banyak orang yang akan melihat brand anda di tenteng oleh pelanggan anda.

Demikianlah beberapa strategi jitu bisnis ritel untuk menang dalam persaingan. sesungguhnya sangat banyak yang bisa diterapkan. Namun, tidak akan pernah cukup untuk menjelaskannya satu per satu. seluruhnya saling berkaitan dan saling memenuhi, juga tergantung gimana kreatifitas dan seni Anda dalam bersaing di bisnis ritel.