cctv kantor

Tips memasang CCTV di kantor atau di tempat usaha

CCTV kantor merupakan kebutuhan yang mutlak untuk saat ini. Karena dengan bantuan alat ini anda bisa menjamin banyak hal. Seperti memastikan kinerja karyawan dengan baik, menjaga keamanan kantor serta menjadi bahan evaluasi jika terjadi laporan kinerja.

cctv kantor
Ruangan Kantor Dengan Kamera Pengawas

Walaupun bisa digunakan untuk berbagai keperluan, CCTV pada umumnya digunakan untuk memperkuat keamanan kantor dan seisinya. Baik itu pada saat jam kantor ataupun tidak. Orang jahat, pengutil ataupun maling profesional pun akan berpikir dua kali untuk melakukan tindak kejahatannya jika tahu terdapat kamera pengaas di ruangan kantor tersebut.

Walaupun memiliki peranan yang sangat penting, CCTV tidak bisa dipasang begitu saja sesuka hati. Karena anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti area yang ingin diawasi, barang yang ingin dijaga, seberapa banyak kamera pengintai yang dibutuhkan serta berapa banyak budget yang tersedia.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan berbagai persiapan agar alat ini dapat terpasang dengan baik. Berikut ini merupakan tips memasang CCTV kantor yang dapat anda lakukan, yaitu:

1. Tentukan Letak dan Lokasi Pemasangan

Sebelum memasang kamera pengawas di ruangan kantor, anda harus menentukan ruangan serta area mana yang ingin dan perlu diawasi. Karena tidak semua ruangan perlu dipasang kamera pengawas tersebut.

Namun, terdapat beberapa area yang perlu dipasang CCTV seperti parkiran, lobi utama, ruang kerja karyawan dan eksekutif, pantry serta lorong kantor utama. Mengapa? karena ruangan ini yang paling banyak dilalui baik oleh tamu ataupun karyawan kantor.

Setelah menentukan lokasi dan areanya, anda sekarang dapat menentukan apakah akan membeli CCTV indoor ataupun outdoor beserta berapa banyak jumlah kamera pengawas yang dibutuhkan. Selain itu, jangan lupa untuk mencari kamera pengintai yang memakai infrared ataupun motion sensor sehingga keamanan kantor terjaga baik pada malam dan siang hari.

2. Alokasikan Budget Untuk CCTV Kantor

uang
Perhatikan Dana yang Dimiliki

Memakai CCTV kantor tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Terutama pada kantor-kantor perusahaan besar yang terdiri dari beberapa lantai. Namun, rangkaian alat ini tetap perlu dipasang karena manfaatnya yang sangat besar.

Oleh karena itu, anda harus mengalokasikan dana khusus untuk penyedian CCTV tersebut. Melalui budget yang ada anda bisa menentukan merek apa yang akan dipilih. Jika memang memiliki dana terbatas, anda bisa memilih kamera pengawas yang lebih murah atau menggunakan tipe IP yang umumnya lebih murah karena resolusi kameranya lebih kecil.

Namun, kemampuannya tidak kalah dengan kamera pengawas mahal lainnya. Karena tipe IP ada yang bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor plus fitur-fitur penting lainnya. Selain itu CCTV satu ini bisa terhubung dengan komputer ataupun smartphone melalui IP.

3. Periksa Merek dan Spesifikasi yang Dibutuhkan

Tips memasang CCTV di kantor berikutnya adalah dengan memeriksa spesifikasi serta merek kamera pengawas yang anda inginkan. Tentu setiap CCTV memiliki berbagai spesifikasi yang berbeda berdasarkan penempatan (indoor atau outdoor), resolusi kamera yang dipakai, jarak pantau, fitur tambahan dan lain sebagainya.

Selain itu anda harus memperhatikan merek CCTV tersebut. Karena terdapat banyak merek kamera pengawas dipasaran yang memiliki spesifikasi dan harga yang beragam. Masalah merek menjadi tidak berarti jika anda tahu kualitas kamera pengintai yang diinginkan. Namun, hal ini akan berbeda jika anda tidak begitu paham akan masalah tersebut.

Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memilih merek kamera pengawas ternama seperti Samsung, Hikvision, Dahua dan lainnya. Karena merek tersebut sudah cukup dikenal akan kemampuan dan kualitas produknya sehingga anda tidak akan kecewa akan performa CCTV tersebut.

4. Perhatikan Garansi CCTV

cctv kantor
Garansi CCTV

Setelah memilih merek CCTV yang akan digunakan, maka tips selanjutnya adalah memeriksa garansi yang diberikan oleh perusahaan ataupun distributor tersebut. Karena sebagus apapun kualitas material dan performa CCTV pasti akan mengalami kerusakan.

Kerusakan ini tentunya beragam, bisa karena kelalaian manusia, faktor cuaca, kotoran, debu dan lainnya. Selain itu, semakin berat tugas kamera maka semakin rentan akan kerusakan. Contohnya jika alat ini terus-terusan dipakai selama 24 jam tanpa berhenti, maka daya tahannya akan cepat berkurang.

Oleh karena itu, garansi menjadi penting karena anda bisa melakukan perbaikan ataupun komplain sewaktu-waktu jika ternyata kualitas dan daya tahannya tidak sesuai. Pastikan juga garansi yang diberikan berlaku untuk 1 atau 2 tahun. Karena anda akan merasa semakin aman dan nyaman menggunakan CCTV tersebut.

5. Pilihan CCTV Terbaik Beserta Perangkatnya

Jika semua hal sebelumnya telah terpenuhi, maka tips berikutnya adalah memilih salah satu CCTV yang terbaik menurut kebutuhan dan keuangan anda. Namun, anda juga harus mempersiapkan diri untuk membeli perangkat lainnya seperti DVR, kabel koaksial, lcd, adaptor, serta kamera pengawas yang mendukung channel dengan jumlah tertentu (4, 8, 16).

Perangkat ini sangatlah penting karena dapat menunjang kinerja CCTV sehingga bisa bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, anda harus memperhatikan kualitasnya agar tidak mudah rusak dan tahan lama.

6. Memakai Jasa Home Security

home security
Home Security

Salah satu tips yang bisa digunakan di kantor anda adalah dengan menggunakan jasa home security. Jika menggunakan jasa perusahaan ini maka anda akan memperoleh CCTV kantor plus pemasangan, perawatan dan perbaikan secara lengkap dalam bentuk paket.

Selain itu, layanan home security ini juga memberikan bentuk pelaporan tindak kejahatan kepada pihak yang berwajib dengan bukti rekaman kamera pengawas secara real time. Tidak hanya itu, anda pasti akan diberikan notifikasi jika terekam orang mencurigakan ataupun tindak kejahatan yang terjadi di ruang kantor anda.

Itulah tips memasang CCTV kantor yang bisa menjadi acuan bagi anda ketika akan membeli kamera pengawas untuk keperluan kantor perusahaan masing-masing. Menerapkan hal ini sangatlah baik karena menjamin keamanan dan kinerja karyawan dan barang-barang dikantor dengan baik. Sumber : Jasa pemasangan cctv karawang

RSS
Follow by Email