Tips-tips Merawat Printer Anda

Saat ini, perangkat elektronik terus diperbarui dan ditingkatkan, dengan model-model terbaru yang memamerkan peningkatan mereka dibandingkan versi sebelumnya. Namun, meskipun printer generasi terbaru memiliki kemampuan yang lebih mengesankan daripada model sebelumnya, printer tetap terkenal karena memberi pengguna lebih banyak masalah daripada hampir semua bagian lain dari sistem komputer mereka.

Berita baiknya adalah hal ini tidak harus terjadi. Dengan sedikit pengetahuan tentang cara membersihkan printer, Anda dapat menghindari kertas macet dan kesalahan pencetakan yang sering membuat printer jadi frustrasi untuk digunakan. Berikut adalah lima tips untuk perawatan printer yang dapat membantu Anda menjaga printer all-in-one Anda berjalan dengan lancar dan dokumen cetak Anda terlihat profesional dan bersih.

Kapan saja Anda diminta untuk membuka printer untuk pemeliharaan, matikan daya dan jauhkan tangan Anda dari pelebur panas dan bagian yang bergerak di dalam printer. Ini akan mencegah kerusakan yang tidak perlu pada printer dan Anda.

Bersihkan Kepala Pencetak

Pada titik tertentu, Anda mungkin pernah melihat dokumen keluar dari printer dengan garis-garis putih melintasi teks atau gambar yang hilang tinta, meskipun cartridge penuh. Ini berarti bahwa kepala printer tersumbat dan perlu dibersihkan. Lihatlah manual yang menyertai printer Anda atau lihat situs web produsen untuk mengetahui cara membersihkan kepala printer pada model khusus Anda; banyak printer akan membersihkan sendiri hanya dengan beberapa klik tetapi juga dapat dibersihkan secara manual jika Anda mau. Berhati-hatilah untuk tidak membersihkan kepala lebih sering dari yang diperlukan, karena proses pembersihan akan menggunakan tinta.

Hapus Debu dan Puing

Tumpukan debu, toner, dan kotoran lainnya di dalam printer Anda dapat menyebabkan kemacetan serta goresan tinta yang muncul di kertas di mana Anda tidak menginginkannya. Perbaikan cepat adalah untuk menghilangkan partikel menggunakan ruang hampa kecil. Ini lebih disukai daripada menggunakan pembersih udara kalengan karena menghilangkan debu daripada menyemprotkannya di bagian dalam printer. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan menggunakan cotton bud dan air murni untuk membersihkan kartrid tinta; sebagian besar produsen akan memberikan instruksi spesifik dalam manual printer atau online. Pastikan untuk membacanya karena ada beberapa bagian kartrid yang tidak boleh Anda usap.

Selesaikan Kesalahan Mekanik dengan Hati-hati

Seperti kebanyakan produk, printer Anda akan bertahan lebih lama jika Anda merawatnya dengan baik; bahkan kemacetan kertas yang salah diselesaikan dapat menyebabkan masalah pencetakan di masa mendatang. Alih-alih frustrasi ketika terjadi kemacetan dan menarik kertas keluar, bacalah instruksi yang disertakan dengan printer untuk menemukan cara terbaik untuk memperbaiki kemacetan pada model spesifik Anda. Biasanya, praktik terbaik adalah menggunakan kedua tangan untuk secara perlahan menarik kertas yang macet keluar dari printer untuk menghindari meninggalkan kertas yang sobek di belakang atau merusak bagian dalam printer. Anda juga dapat mencegah kemacetan dengan memastikan bahwa kertas yang Anda masukkan ke dalam printer tidak sobek, bertelinga anjing atau saling menempel dan baki tidak diisi berlebih.

Investasikan dalam Perawatan Kit

Jika Anda rela mengeluarkan sedikit uang untuk memperpanjang masa pakai printer Anda, Anda dapat memesan kit pemeliharaan dari pabrik printer Anda ketika bagian aslinya mulai menunjukkan tanda-tanda aus. Kit ini dapat mencakup serangkaian produk perawatan mulai dari persediaan pembersih hingga komponen printer yang dapat diganti seperti rol, yang, ketika kotor atau aus, adalah penyebab umum kemacetan printer.

Tentu saja, tidak ada printer yang sempurna – akan ada kemacetan, noda, dan kesalahan sesekali. Tetapi dengan sedikit perawatan printer yang mudah, adalah mungkin untuk sangat mengurangi terjadinya masalah ini dan merampingkan pengalaman pencetakan Anda. Lihatlah ulasan kami tentang printer all-in-one terbaik dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga Anda dapat mempraktikkan tips ini dan menikmati pencetakan bahagia dan bebas stres.