Tugas Pokok Gerakan Pramuka

Tugas Pokok Gerakan Pramuka (Sifat, Fungsi & Tujuan)

Tugas Pokok Gerakan Pramuka

Sifat

Ikon Pramuka Indonesia ialah pucuk kelapa yang dijahitkan di kerah kiri pakaian pramuka (buat perempuan). Ikon Pramuka Global yang dijahitkan di kerah kanan pakaian pramuka (buat perempuan). Untuk laki-laki, pucuk kelapa terletak di kantong sisi kiri, sebaliknya Ikon Pramuka Global dijahitkan pada sisi kanan gamis. Lencana posisi area Aksi Pramuka (bersumber pada provinsi) dijahitkan di tangan kanan pakaian Pramuka.

Bersumber pada pernyataan Rapat Kepanduan Sejagat tahun 1924 di Kopenhagen, Denmark, hingga kepanduan memiliki 3 watak ataupun karakteristik khas, ialah:

Nasional, yang berarti sesuatu badan yang menyelenggarakan kepanduan di sesuatu negeri haruslah membiasakan pendidikannya itu dengan kondisi, keinginan serta kebutuhan warga, bangsa serta negeri.

Global, yang berarti kalau badan kepanduan di negeri manapun di bumi ini wajib membina serta meningkatkan rasa perkerabatan serta pertemanan antara sesama Mualim serta sesama orang, tanpa melainkan keyakinan atau agama, kalangan, tingkatan, kaum serta bangsa.

Umum, yang berarti kalau kepanduan bisa dipergunakan di mana saja buat ceria kanak-kanak dari bangsa apa saja, yang dalam penerapan pendidikannya senantiasa memakai Prinsip Dasar serta Tata cara Kepanduan. Tentu hal tersebut juga harus selaras dengan dasa darma pramuka yang ada.

Fungsi

Dengan alas penjelasan di atas, hingga kepramukaan memiliki guna bagaikan selanjutnya:

Aktivitas menarik untuk anak ataupun pemuda

Aktivitas menarik di mari dimaksudkan aktivitas yang mengasyikkan serta memiliki pembelajaran. Sebab itu game wajib memiliki tujuan serta ketentuan game, jadi bukan aktivitas yang cuma bertabiat hiburan saja. Sebab itu lebih pas kita ucap saja aktivitas menarik.

Dedikasi untuk orang dewasa

Untuk orang berusia kepramukaan bukan lagi game, namun sesuatu kewajiban yang membutuhkan kebaikan hati, keikhlasan, serta dedikasi. Orang berusia ini memiliki peranan buat dengan cara ikhlas mempersembahkan dirinya untuk suksesnya pendapatan tujuan badan.

Perlengkapan (means) untuk warga serta organisasi

Kepramukaan ialah perlengkapan untuk warga buat penuhi keinginan warga setempat, serta pula perlengkapan untuk badan buat menggapai tujuan organisasinya. Jadi aktivitas kepramukaan yang diserahkan bagaikan bimbingan teratur dalam dasar pramuka itu hanya perlengkapan saja, serta bukan tujuan pendidikannya.

Tujuan

Aksi Pramuka bermaksud ceria kanak-kanak serta anak muda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar serta Tata cara Kepramukaan yang penerapannya dicocokkan dengan kondisi, kebutuhan serta kemajuan bangsa serta warga Indonesia dengan tujuan supaya;

  • anggotanya jadi orang yang berkarakter serta berkelakuan adiluhung dan besar psikologis, akhlak, budi akhlak serta kokoh agama beragamanya.
  • anggotanya jadi orang yang besar intelek serta keterampilannya.
  • anggotanya jadi orang yang kokoh serta segar fisiknya.
  • Anggotanya jadi orang yang jadi masyarakat negeri Indonesia yang bernyawa Pancasila, loyal serta taat pada Negeri Kesatuan Republik Indonesia; alhasil jadi anggota warga yang bagus serta bermanfaat, yang mampu serta sanggup menyelenggarakan pembangunan bangsa serta negeri.

Tujuan itu ialah keinginan Aksi Pramuka. Sebab itu seluruh aktivitas yang dicoba oleh seluruh faktor dalam Aksi Pramuka wajib membidik pada pendapatan tujuan itu.

Kewajiban Pokok

Kewajiban utama Aksi Pramuka merupakan menyelenggarakan pembelajaran kepramukaan untuk anak serta anak muda Indonesia, mengarah ke tujuan Aksi Pramuka, alhasil bisa membuat daya kandidat pembangunan yang bernyawa Pancasila serta mampu dan sanggup menyelenggarakan pembangunan warga, bangsa serta negeri. Dalam melakukan pembelajaran kepramukaan itu Aksi Pramuka senantiasa mencermati kondisi, keahlian, keinginan serta atensi partisipan didiknya.

Sebab kepramukaan bertabiat nasional, hingga aksi serta aktivitas Aksi Pramuka dicocokkan dengan kebutuhan nasional. Kebutuhan nasional bangsa Indonesia ini tertera dalam Garis Besar Arah Negeri, yang ialah Ketetapan MPR. Aksi Pramuka dalam turut menolong penerapan GBHN itu senantiasa menjajaki kebijaksanaan Penguasa serta seluruh peraturan perundang-undangannya.

Aksi Pramuka hidup serta beranjak di tengah warga serta berupaya membuat daya kandidat pembangunan yang bermanfaat untuk warga. Karenanya Aksi Pramuka wajib mencermati pula kondisi, keahlian, adat serta impian warga, tercantum orang berumur badan Pramuka, alhasil Aksi Pramuka paling utama pada satuan-satuannya bisa mempersiapkan daya Pramuka cocok dengan apa yang diharapkan orang berumur anggotanya serta warga di lingkungannya.